Tutorial

VIDEO - Cara Mudah Mengecat Permukaan Apapun Jadi Seperti Kayu

Jika telaten, anda bisa buat sendiri stempel seperti itu memakai bahan yang empuk, misalnya mouse pad, yang dibentuk menggunakan logam panas.

Editor: Yuli

SURYA.co.id - Bahan bangunan dari kayu semakin mahal di manapun, apalagi jika kayu kualitas premium. Alternatifnya, kini di pasaran semakin banyak produk concrete wood (campuran semen dibentuk seperti kayu).

Ada yang permukaannya bermotif kasar seperti kayu sebelum dihaluskan, ada pula yang halus.

Namun, concrete wood relatif mahal sehingga ada kecenderungan orang membuat sendiri plat atau papan berbahan baku rancangan besi yang dibalut semen dan pasir.

Masalahnya, bagaimana mengecat permukaannya menjadi seperti kayu?

Itu bukan urusan besar bagi yang punya bakat seni. Tapi, untuk orang kebanyakan,  ada teknik sederhana seperti terlihat dalam video di atas. 

Alat yang dibutuhkan selain cat khusus pengganti politur (tersedia banyak di pasaran), adalah semacam stempel yang bertekstur seperti serat kayu. 

Alat itu tidak banyak tersedia di pasaran dalam negeri, tetapi banyak yang jual murah di toko online Amazon. Silakan cari pakai kata kunci "wood texture tool". Harganya ada yang mulai dari 6,29 dolar AS atau sekitar Rp 87.000, belum termasuk ongkos kirimnya.

afafa

Jika telaten, anda bisa buat sendiri stempel seperti itu memakai bahan yang empuk, misalnya mouse pad, yang dibentuk menggunakan logam panas, lalu dilem ke pipa PVC.

Bagaimana menerapkannya saat mengecat?

Video di atas sudah cukup jelas menunjukkan langkah-langkahnya. Hasilnya tergolong bagus. Teknik pengecatan seperti ini tentu saja dapat diterapkan pada permukaan plat semen maupun dinding. Selamat mencoba. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved