Berita Madiun

CJH Asal Kabupaten Madiun Menurun 28 Orang

"Memang menurun, bukan disebabkan sepi peminat. Tapi, yang mendaftran dan waktunya diberangkatkan sebanyak itu,

CJH Asal Kabupaten Madiun Menurun 28 Orang
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi calon jamaah haji (CJH) kloter pertaman berada di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Minggu (31/8/2014). 

SURYA.co.id| MADIUN - Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Madiun yang rencananya bakal diberangkatkan 23 Agustus 2015 mendatang menurun drastis.

Hal ini disebabkan ada penurunan sebanyak 28 CJH.

Jika Tahun 2014 kemarin, ada sebanyak 332 CJH, Tahun 2015 ini hanya memberangkatkan 304 CJH.

"Memang menurun, bukan disebabkan sepi peminat. Tapi, yang mendaftran dan waktunya diberangkatkan sebanyak itu, sekaligus karena quota dari propinsi sebanyak itu," terang Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Madiun, Tawwabin kepada Surya, Kamis (13/08/2015).

Meski berencana memberangkatkan 304 CJH, akan tetapi sebanyak 7 CJH bakal berangkat dari luar wilayah Kabupaten Madiun.

Ketujuh CJH itu, 2 orang berangkat dari Sidoarjo, 2 orang berangkat dari Kota Madiun, 2 orang berangkat dari Tangerang, dan seorang bakal berangkat dari Karawang.

"Jadi yang akan kami berangkatkan tinggal 297 CJH, tapi karena kami menerima mutasi masuk 2 CJH asal Kota Madiun. Maka yang diberangkatkan melalui Pendopo Muda Graha Pemkab Madiun, Minggu (23/08/2015) pukul 14.00 sampai 15.00 WIB itu, ada 299 CJH," imbuhnya.

Selain itu, kata pejabat yang bakal pensiun 7 tahun mendatang ini, ada 3 CJH tertua. Mereka rata-rata berusia 85 tahun yakni Kasmun warga Jiwan, Salam warga Pilangkenceng, dan Sarni warga Dagangan.

Kendati berusia lanjut usia (lansia) akan tetapi kondisi kesehatan mereka dinyatakan layak terbang ke tanah suci.

"Kalau yang termuda CJH asal JL Punden, Desa/Kecamatan Jiwan, Tri Cahyo Nugroho dengan usia saat diberangkatkan baru 18 tahun," ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata Tawwabin bersamaan turunnya CJH yang diberangkatkan itu, ada 56 CJH yang dimajukan untuk diberangkatkan bersamaan karena masih satu keluarga.

Yakni yang terdiri dari suami, istri dan anak. Mereka yang sebelumnya berangkat terpisah di tahun yang berbeda bakal diberangkatkan menjadi satu Tahun 2015 ini.

Mereka masuk program percepatan bersama para lansia.

"Persiapan keberangkatan tinggal koorinasi saja. Karena undangan tinggal menyebarkan dan merekap dokumentasi para CJH. Apalagi, visa dan lain-lainnya sudah diurusi Surabaya. Pokoknya jamaah Madiun sampai di Asrama Haji Surabaya pukul 21.00 WIB," pungkasnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Sudarmawan
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved