Berita Madiun

Bupati Madiun Sosialisasi Sistem Pemilihan Kades Antarwaktu

Selain itu, kata Muhtarom dalam Pilkades Tahun 2015 sudah disiapkan bantuan keuangan dari APBD Pemkab Madiun mulai Rp 40 juta sampai Rp 60 juta.

SURYA.co.id | MADIUN - Bupati Madiun Muhtarom memperkenalkan sistem dan aturan baru mengenai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)di Pendopo Muda Graha Pemkab Madiun, Senin (10/8/2015).

Sosialisasi itu diikuti 198 Kades dan BPD serta perwakilan Kecamatan dan kalangan Muspika.

Pelaksanaan Pilkades Antarwaktu akan dilaksanakan jika Kades yang masih memiliki sisa waktu jawabannya, tetapi Kades itu berhenti karena persoalan atau halangan.

"Jadi Pemilihan Kepala Desa Antarwaktu itu dipilih secara musyawarah. Ini dilakukan jika terdapat Kepala Desa yang berhenti sebelum berakhir masa jabatannya. Sisa masa jabatannya masih lebih dari 1 (satu) tahun, misalnya, maka dibutuhkan Pilkades Antarwaktu hingga berakhirnya masa jabatan Kades.
Artinya Kades Antarwaktu akan mengisi jabatan Kades lama hingga akhir masa jabatan berakhir," terang Muhtarom, Senin (10/08/2015).

Selain itu, kata Muhtarom dalam Pilkades Tahun 2015 sudah disiapkan bantuan keuangan dari APBD Pemkab Madiun mulai Rp 40 juta sampai Rp 60 juta bergantung besar kecilnya wilayah dan jumlah pemilih di desa itu.

Kendati dapat bantuan dari APBD akan tetapi anggaran Pilkades
masiah bisa di dukungan anggaran yang berasal dari APBDesa dengan konsentrasi penggunaan hari pemungutan suara.

"Kalau sudah begitu, maka tidak boleh lagi ada pungutan dengan dalih apapun kepada bakal calon atau calon Kepala Desa. Kami juga minta PIlkades dilaksanakan sesuai regulasi dan jadwal yang ditetapkan agar tetap kondusif, aman, tenang, dan terkendali," imbuhnya.

Kepala Bappemas dan Pemdes Pemkab Madiun, Joko Lelono menegaskan Pilkades serentak 11 Oktober 2015 akan dilaksanakan di 144 desa dari 198 desa di 15 wilayah kecamatan di Kabupaten Madiun.

Penulis: Sudarmawan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved