Citizen Reporter

From Taiwan with Senyuman Menawan

senyuman menawan mahasiswa Taiwan itu berhasil menggerus perbedaan budaya dan bahasa...

From Taiwan with Senyuman Menawan
citizen/clara ayu crisant
begini menyikat gigi 

 

Catatan kasih Clara Ayu Crisant
Universitas Katolik Widya Mandala Fakultas Ilmu Komunikasi

MENJAGA kesehatan gigi merupakan salah satu hal penting yang terkadang terlupakan. Mengonsumsi makanan yang terlalu panas, dingin dan juga manis seringkali membuat gigi terasa nyeri. Satu hal yang mungkin tak disadari adalah salah cara menggosok gigi juga bisa menyebabkan nyeri dan bengkak pada gigi. 

Hal inilah yang menjadi perhatian lima mahasiswa Kaohsiung Medical University, Taiwan saat mereka berkunjung ke Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) untuk berbagi cara menjaga kesehatan gigi dimulai dari anak-anak usia dini.

Kelima mahasiswa tersebut mengunjungi Rumah Penitipan Anak (RPA) Taman Hati UKWMS, awal Juli 2015 silam. Mereka didampingi Prof Jer Ming Chang sebagai dosen pendamping dan pimpinan rombongan.

Bersama perwakilan mahasiswa UKWMS, rombongan dari Taiwan bergegas menuju RPA Taman Hati yang berada tepat di seberang kampus Widya Mandala. Tawa ceria anak-anak RPA sontak pecak begitu rombongan datang di tengah keasyikan anak-anak belajar. “Good morniiiing,” sapa anak-anak penuh semangat.

Duduk melingkar di ruang utama RPA, rombongan mahasiswa Taiwan didampingi mahasiswa dari UKWMS sebagai penerjemah, berbaur akrab dengan anak-anak RPA usia 2-9 tahun.

Mereka memperkenalkan diri kepada anak-anak sebelum memulai aktivitas di RPA Taman Hati. Nora, salah satu mahasiswa Taiwan mengawali kegiatan dengan memperkenalkan macam-macam jenis gigi dan fungsinya. Gambar-gambar lucu yang mereka tunjukkan membuat anak-anak begitu serius menyimak.

Tak hanya Nora, mahasiswa lain bernama Vivi ganti menunjukkan jenis-jenis penyakit gigi dan cara menanggulanginya. Banyak celetukan dan pertanyaan muncul dari anak-anak, salah satunya dari Nasya. “Kenapa sikat gigi harus tiga kali Kak, itu banyak sekali,” ujarnya polos. Vivi menjelaskan bahwa menyikat gigi tiga kali sehari tidaklah banyak, itu harus dilakukan terutama bagi anak-anak agar terhindar dari berbagai macam penyakit gigi dan juga karies gigi.

Vivi mengajarkan bagaimana cara memilih sikat gigi yang baik dan cara memegang sikat gigi yang benar. Setelah itu, ia mengajak anak-anak mempraktikkan bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Dan mereka berlomba pamer cara menyikat gigi yang paling benar kepada rombongan mahasiswa Taiwan.

Akhirnya, dengan gigi bersih, nafas segar, dan senyuman lebar, akasi hari itu dipungkasi dengan bernyanyi bersama. Nora memimpin menyanyikan lagu Twinkle-Twinkle Little Star dalam bahasa Taiwan. Sementara anak-anak RPA menimpalinya dengan menyanyikan lagu yang sama dalam bahasa Inggris. Anak-anak RPA juga menyanyikan dua lagu lain yang diajarkan pembimbing mereka di RPA.

 


 

Tags
rendang
RPA
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved