Pendidikan di Surabaya

Semua Sekolah di Surabaya Wajib Punya Arsip Ijazah

Apabila arsip dokumen di sekolah atau instansi juga hilang, wajib segera melapor ke dinas, dan dinas juga tidak memungut biaya.

Semua Sekolah di Surabaya Wajib Punya Arsip Ijazah
surya/sutono
ilustrasi

SURYA.co.id | SURABAYA - Ijazah yang dikeluarkan oleh negara memang merupakan dokumen yang penting sebagai tanda bukti telah menyelesaikan sebuah studi.

Oleh karena itu, harus disimpan dengan baik dan terhindar dari kerusakan seperti jamur. Namun bagaimana jika kehilangan dokumen itu?

Jika kehilangan dokumen seperti ijazah atau STL (surat tanda lulus), yang bersangkutan harus segera mengurusnya.

Dinas Pendidikan Surabaya memperingatkan setiap sekolah atau instansi harus memiliki arsip seperti ijazah setiap muridnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dindik Surabaya, Eko Prasetyoningsih, mengatakan untuk mengurusnya terlebih dahulu di sekolah atau instansi di mana tempat menyelesaikan studinya.

Oleh karena itu dokumen seperti ijazah, riwayat kepemilikan sekolah, harus disimpan baik-baik kemananannya sendiri.

“Kalau ijazah hilang, siswa itu harus segera melapor ke sekolahnya dulu. Nah nanti diurus sesuai data yang ada pada arsip sekolah,” terangnya.

Eko menerangkan, dari arsip sekolah memberikan keterangan seperti nilai ujian nasional (unas), nilai ujian sekolah, serta nilai sikap perilaku.

Keterangan itu, lanjutnya, ada di buku induk siswa. “Di buku induk itu lengkap semua data-datanya setiap siswa. Makanya arsip dokumen itu penting. Apalagi kalau ijazah,” tandasnya.

Menurutnya ada setiap sekolah yang memang tidak memberikan kesempatan untuk mengurus ijazah hilang. Karena setiap instansi memiliki kebijakan sendiri-sendiri.

“Waktu pembagian ijazah kan ada kepala sekolah yang bilang kalau hilang sekolah nggak mau nanggung. Nah itu memang ada karena untuk memperingati siswanya agar tidak teledor. Cuma menjaga ijazah aja loh, kecuali karena bencana alam,” tambahnya.

Apabila arsip dokumen di sekolah atau instansi juga hilang, wajib segera melapor ke dinas, dan dinas juga tidak memungut biaya.

Baca selengkapnya di Harian SURYA
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Tags
ijazah
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved