Citizen Reporter

Uniknya Wisata Gerabah di Bumi Arema

ingin buah tangan beda dari bumi Arema? sila singgah di kawasan Dinoyo yang sohor sebagai sentra keramik dan gerabah ini...

Uniknya Wisata Gerabah di Bumi Arema
istimewa
keramik cantik 

Catatan perjalanan Hilyatul Auliya
Mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang
fb.com/hilyatul.auliya

JALAN-JALAN ke Kota Malang dan ingin mencari buah tangan berbeda dari biasanya? Coba saja mendatangi sentra industri kerajinan yang banyak tersebar di kota pendidikan ini.

Ada sentra industri kerajinan gerabah, keramik, rotan, topeng, anyaman bambu, patung kayu, batu onyx, dan cobek batu. Cobalah melintasi Jalan Mayjen Panjaitan Malang, di sinilah pusat industri kerajinan gerabah dan keramik.

Terbuat dari tanah liat, aneka wajah gerabah tampil begitu unik dan menarik. Ada vas bunga, cerek, meja, kursi, celengan, dan masih banyak yang lainnya.

M Gupron, salah satu perajin gerabah di Jalan Mayjen Panjaitan ini sudah puluhan tahun menekuni kerajinan yang membutuhkan kreativitas. Bermacam bentuk dan ukuran kerajinan gerabah bisa didapatkan di sini. Dengan harga gerabah mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 300.000.

Harga vas bunga misalnya, vas kecil  Rp 2.000 hingga Rp 25.000, hingga vas bunga besar Rp 150.000 - Rp 300.000. Bila membeli dengan bunganya sekaligus juga bisa, harga bunga pertangkai berkisar Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Bentuk dan jenis bunga yang dijual di toko gerabah M Gupron ini tak kalah unik dengan bentuk vasnya. Bunga-bunga yang dijual di sini merupakan bunga abadi yang dijamin tak akan layu. Bunga-bunga tersebut juga merupakan hasil kerajinan tangan. Bahan dasarnya dari kulit jagung hingga serpihan kayu. 

Menurut M. Gupron, kunci sukses itu ada tiga. Pertama kemauan, mau melakukan usaha apa pun. Kedua ulet, mau mencoba hal-hal baru. Kalau kerajinan gerabah berarti mau menciptakan variasi-variasi bentuk. Kunci suskses terakhir adalah komitmen, jangan mudah patah semangat.

Nah, masih penasaran dengan keunikan kerajinan gerabah? Kunjungi saja sentra industri kerajinan gerabah di Jalan Mayjen Panjaitan, Kota Malang ini!

Tags
gerabah
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved