Breaking News:

Ramadan Mubarak

TPID Bergerak Jaga Harga Barang

Harga daging sapi stabil pada kisaran Rp 95.000 dan harga daging ayam berada pada posisi Rp 30.000 per kilogram.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Wahjoe Harjanto

SURYA.CO.ID | BATU - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu mulai bergerak menjaga agar tidak terjadi gejolak harga barang mendekati Lebaran dengan mendatangi pasar dan gudang penyimpanan barang untuk mendapatkan data otentik harga barang kebutuhan masyarakat.

"Dari hasil pemantauan harga di lapangan itu nantinya akan diambil kesimpulan dan menentukan langkah Pemkot Batu jika terjadi gejolak harga barang," kata Wiwik Sukesih, Sekretaris TPID Kota Batu ditengah survei harga di Pasar Besar Kota Batu, Rabu (8/7/2015).

Dijelaskan Wiwik, dari hasil pemantauan harga barang semuanya dalam kondisi normal. Sejumlah harga barang kebutuhan seperti cabe, bawang merah, bawang putih sudah normal kembali setelah sempat mengalami kenaikan.

Demikian juga dengan harga daging sapi stabil pada kisaran Rp 95.000 dan harga daging ayam berada pada posisi Rp 30.000 per kilogram.

Hanya saja, ungkap Wiwik, khusus untuk bahan baku pembuatan kue seperti kacang dan emping mengalami lonjakan harga. Namun karena barang tersebut bukan sebagai kebutuhan pokok masyarakat sehingga tidak akan disikapi signifikan.

"Jadi hanya itu gejolak harga yang ada di pasar sampai hari ini. Kami berharap kondisi harga tetap stabil sampai Lebaran nanti," ucap Wiwik yang juga Asisten I Sekota Pemkot Batu.

Anggota TPID Kota Batu, Diah Liestina mengatakan, untuk stok elpiji di Kota Batu saat ini dalam kondisi aman. Ini setelah masing-masing agen elpiji telah melakukan antisipasi terjadinya peningkatan permintaan elpiji.

Seperti yang dilakukan agen elpiji PT Cakra Niaga Abadi di Kota Batu, menyiapkan stok tambahan elpiji dari mulai 1 Juli hingga 16 Juli sebanyak 16 truk. Kebutuhan normal bahan bakar elpiji yang dipasok agen tersebut mencapai 10 truk setiap hari untuk wilayah Malang Raya.

"Melihat kondisi stok tersebut posisi bahan bakar elpiji untuk saat ini aman. Dan kondisi itu harus dipertahankan agen sampai Lebaran nanti dan tidak boleh ada kelangkaan," kata Diah Lietina.

Menurut Diah Liestina, harga elpiji 3 Kg berkisar Rp 14.000 per tabung di tingkat agen. Sedangkan untuk harga ditingkat pengecer kisaran Rp 17.000 per tabung.
Elpiji isi 12 Kilogram juga normal dikisaran Rp 143.000 per tabung ditingkat agen dengan harga jual dipasar kisaran Rp 145.000 hingga Rp 148.000 per tabung.

"Melihat kondisi itu kami menilai harga dalam posisi normal tidak ada gejolak, dan kami berharap kondisi itu bertahan sampai Lebaran," tutur Diah Liestina.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved