Pendidikan di Surabaya

Sistem PPDB Online Masih Error, Ombudsman Menilai Memang Tak Transparan

"Kalau dilihat di web itu masih ada yang ditutup-tutupi. Seperti pendaftaran kawasan, tidak ada keterangan mendaftar kemana saja ini siswanya."

Sistem PPDB Online Masih Error, Ombudsman Menilai Memang Tak Transparan
sany ep
PPDB ERROR - Wali murid yang mengeluhkan layanan PPDB online, dan mendatangi kantor Dinas Pendidikan Surabaya, Rabu (8/7/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2015 dikeluhkan oleh beberapa wali murid yang ingin mendaftarkan anaknya yang mendapat rekomendasi dalam Kota Surabaya.

Salah satunya Wenu Samboja, ayah murid yang mendaftarkan anaknya ke jenjang SMAN. 

“Saya mendaftarkan anak saya melalui jalur umum ke SMAN 3. Karena di web itu masih ada sisa kuota. Begitu saya klik daftar, sudah ada pengumuman bahwa anak saya ditolak,” terangnya ketika mengadu ke Dinas Pendidikan Surabaya, Rabu (8/7/2015) sore.

Sementara itu, pendaftaran yang masih dibuka hingga besok Kamis (9/7) seharusnya belum ada pengumuman diterima atau tidak.

“Pengumumannya kan tanggal 10 Juli, nah ini anak saya langsung ada pengumuman ditolak. Kan aneh,” tambah ayah dari Tasmina Melatifajri Samboja, alumnus SMPN 45 Surabaya.

Apalagi, lanjutnya, anaknya memiliki nilai Unas (ujian nasional) sebesar 319.0.

Wenu menambahkan, anaknya memang hanya memiliki pagu 1% karena rekomendasi dari luar kota.

Ketua PPDB 2015 Yusuf Masruh, mengatakan, itu terjadi karena sistem yang error. “Sistemnya yang error dan belum diperbarui. Tapi memang kalau luar kota itu hanya 1% saja peluangnya. Malam ini akan kami beri kesempatan untuk mendaftar kembali,” ucapnya.

Sementara, asisten Ombudsman, Vice A Firnaherera, mengatakan bahwa sistem online PPDB ini masih belum transparan.

“Kalau dilihat di web itu masih ada yang ditutup-tutupi. Seperti pendaftaran kawasan, tidak ada keterangan yang bisa dilihat oleh masyarakat mendaftar kemana saja ini siswanya. Begitu pun dengan jumlah pagu. Masih terkesan hanya pihak tertentu saja yang tahu,” tambahnya.

Tags
PPDB
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved