Pendidikan di Surabaya

Surabaya Lanjutkan Program Lifeskill untuk Siswa SMA Siap Kerja

Program ini dirancang untuk siswa yang hendak langsung melanjutkan ke dunia kerja. Namun program ini hanya untuk siswa mitra warga di setiap sekolah.

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan Surabaya memiliki program life skill untuk siswa SMA negeri dan SMA swasta.

Program ini dirancang untuk siswa yang hendak langsung melanjutkan ke dunia kerja. Namun program ini hanya untuk siswa mitra warga di setiap sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, Ikhsan, mengatakan, jika SMK bisa langsung melanjutkan ke dunia kerja dan ke perguruan tinggi maka SMA juga harus bisa seperti itu.

“Dilihat dari desainnya, SMK memang ditujukan untuk lanjut ke dunia kerja. Nah kami juga mau untuk siswa juga seperti itu. Bisa punya keahlian sendiri,” terangnya ketika dihubungi, Senin (6/7/2015).

Mengapa untuk siswa mitra warga?

Ikhsan memaparkan, siswa mitra warga ini sulit mendapatkan kerja karena perusahaan menganggap tidak memiliki skill atau ketrampilan.

Oleh karena itulah Dinas Pendidikan Surabaya menggelar program pelatihan lifeskill kepada siswa SMA di Surabaya. Pelatihan life skill ini sudah digelar tiga tahunan.

“Untuk penyelanggaranya, kami kerjasama dengan beberapa lembaga di Surabaya, misalnya sekolah berbasis perhotelan, pendidikan berbasis komputer dan perguruan tinggi dan lainnya,” kata Ikhsan.

Lembaga lain yang ikut bekerjasama yakni seperti Poltek ITS (Institute Teknologi Sepuluh Nopember), Universitas Surabaya (Unesa), Prisma Profesional, Surabaya Hotel School, Broadcasting Unair.

Sejak 2013 hingga 2015 ternyata jumlah peserta program life skill ini selalu meningkat.

Halaman
123
Tags
Life skill
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved