Breaking News:

Citizen Reporter

Buka Plong dengan Tahu Pong Ratu Ayu

benar-benar mak plong rasanya begitu berbuka dengan tahu pong ratu ayu ini....

kedaikampung
tahu pong 

Catatan FADLI ARDIANTO FARUQ
Pegiat literasi
fb.com/fadli ardianto faruq

BICARA tentang tahu pasti tak jauh dari dua kota ini, Sumedang dan Kediri. Karena memang kedua kota ini terkenal dengan tahunya Namun, siapa sangka di Sidoarjo juga menyimpan tahu pong.

Minggu (28/6/2015) petang saat mencoba ngabuburit ke Sidoarjo, tinggal beberapa menit lagi adzan magrib, saya putuskan membeli takjil berupa tahu yang banyak dijajakan di pinggir jalan. Di situlah saya menemukan tahu pong ratu ayu.

Dinamakan ratu ayu karena lokasi berjualan ada di Jalan Ratu Ayu 20 Desa Wage, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Penjualnya bernama MbakYanti yang dibantu Pak Harsono, suaminya.

Tahu Pong Ratu Ayu buka setiap hari mulai pukul16.00 WIB sampai tahu licin tandas, kira-kira sampai pukul 22.00 WIB. Harga per potong tahu pong Ratu Ayu ini hanya Rp 500.

Bila tahu taqwapadat dan gurih, tahu Sumedang gurih dan sedikit asin. Nah, tahu pong Ratu Ayu rasanya perpaduan antara keduanya. Padat, gurih, sedikit asin, dan pedas. Tahu  pong Ratu Ayu dilengkapi cabai, garam, dan sambal petis udang.

Sambal petis inilah yang menjadikan rasa tahu pong Ratu Ayu berbeda dengan tahu jenis lainnya. Apalagi, sambal petis udang menjadi ikon Sidoarjo dan banyak digunakan dalam khasanah kulier Jawa Timur.

Tags
tahu pong
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved