Pondok Ramadan di Sekolah Al Azhar

Putar Film untuk Kaji Keislaman

Di Sekolah Al Azhar, belajar keislaman tak hanya lewat buku. Bahkan film juga bisa dimanfaatkan untuk menanamkan nilai keislaman pada siswa.

Putar Film untuk Kaji Keislaman
dokumen pribadi
Kegiatan di Sekolah Al Azhar 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mendalami ajaran Islam tak hanya dilakukan lewat tadarus. Tayangan film justru medium yang menarik dan cepat dalam menanamkan nilai-nilai keislaman, khususnya bagi anak-anak.

Sekolah Al-Azhar Kelapa Gading rutin menggelar acara pemutaran film tentang keislaman ini, terutama untuk mengisi Pondok Ramadan. Usai nonton film, dilakukan bedah film bersama para siswa.

“Justru saat bedah film ini terjadi interaksi antara guru dan siswa membahas cerita di film yang baru disaksikan bersama,” kata Drs Najib Sulhan MA, Kepala Litbang Al-Azhar. Yang menarik, lanjut Najib, film itu dibuat oleh kru Sekolah Al-Azhar.

Tahun ini, agenda Pondok Ramadan di Sekolah Al-Azhar dimulai serentak tanggal 1-8 Juli 2015. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00-12.00 itu diikuti sekitar 1.500 siswa, mulai TK, SD, hingga SMP.

Setiap hari agenda Pondok Ramadan diisi dengan tadarus, salat Dhuha, pemberian materi tentang keimanan, aqidah, dan ibadah. Untuk mencairkan suasana, juga dilakukan kuis Ramadan.

Menurut Najib, Pondok Ramadan tak semata membahas masalah agama. Siswa juga diberi penanaman berperilaku dan hidup sehat dengan menjauhi narkoba.

Untuk itu, sekolah yang berlokasi di Jl Taman Bhaskara Utara Surabaya ini pun mengundang BNN Kota Surabaya. “Petugas dari BNN ini akan memberi penyuluhan antinarkoba,” cetusnya.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Achmad Pramudito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved