Breaking News:

Resto Alas

Daun Racunan Dibikin Martabak? Inilah Manfaatnya

Makanan yang dikonsumsi, selain mengenyangkan, mestinya juga mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Di Resto Alas, tersaji aneka menu yang bergizi.

Penulis: Achmad Pramudito | Editor: Achmad Pramudito
surya/pramudito
Pengunjung Resto Alas sedang menikmati menu tradisional yang menyehatkan dari kebun PPLH Seloliman, Trawas, Mojokerto. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Makanan yang kita konsumsi setiap hari, semestinya memang tak hanya mengenyangkan. Makanan kita santap, lebih bermanfaat bagi tubuh jika memiliki kandungan zat-zat yang sangat dibutuhkan agar terjaga vitalitasnya dan selalu sehat.

Daun Racunan atau dikenal pula dengan nama Kastuba misalnya, ternyata bisa menggantikan Daun Melinjo sebagai bahan martabak. Daun melinjo sudah jarang digunakan lantaran efeknya bisa meningkatkan asam urat dalam tubuh.

Untuk mengolah daun racunan ini sama seperti bikin martabak umumnya. Dicampur dengan bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan merica. Untuk melekatan bahan tersebut perlu ditambah telor secukupnya sebelum kemudian digoreng dengan minyak tanah.

Untuk pelepas dahaga, bisa disuguhkan Wedang Secang. Minuman menghangatkan yang diyakini berasal dari Keraton Solo ini tentu sangat pas dinikmati untuk buka puasa.

Menu Wedang Secang dan Martabak Daun Racunan ini bisa dinikmati di Resto Alas, rumah makan tradisional yang menjadi bagian Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman, Trawas, Mojokerto.

“Martabak Daun Racunan ini bermanfaat untuk melancarkan ASI dan haid,” tutur Fara, salah seorang pengunjung Resto Alas.

Selain itu, lanjutnya pengelola sebuah event organizer ini, bagian daun, bunga, getah, serta akar racunan ini dapat digunakan sebagai obat disentri, paru-paru, infeksi kulit, patah tulang, bengkak karena terpukul, dan luka luar. “Sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita,” ungkapnya.

Sedang wedang secang manfaatnya tak hanya bisa menghilangkan masuk angin dan batuk. “Wedang secang bisa disuguhkan dalam keadaan hangat maupun dingin. Minuman ini bisa menambah stamina, sehingga pas untuk menambah daya tahan selama puasa,” cetus Thoyib Arrofi, Koordinator Resto Alas.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved