Ramadan 2015

Jelang Arus Mudik, Pelindo III Siapkan 3 Terminal Penumpang Kapal Laut

Tiga terminal itu adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jatim, Pelabuhan Gresik Jatim, Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi Jatim.

Jelang Arus Mudik, Pelindo III Siapkan 3 Terminal Penumpang Kapal Laut
surya/sugiyono
Kapal penumpang Natuna Express akan bersandar di Pelabuhan Gresik, setelah berlayar membawa penumpang dari Pulau Bawean, Kamis (7/5/2015). 

SURYA.co.id  | SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyiapkan 3 terminal penumpang kapal laut di wilayah kerjanya untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran tahun 2015.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, 3 terminal itu adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Gresik dan Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi.

"Kami sudah mulai menyiapkan sarana dan prasarana pendukung terminal penumpang kapal laut tersebut untuk menghadapi masa angkutan Lebaran tahun 2015 ini. Untuk arus mudik pada transportasi laut, kemungkinan besar akan terjadi mulai H-15 hingga H+15 Lebaran," ujarnya, Jumat (26/6/2015).

Pada masa angkutan Lebaran 2015, lanjut Edi, jumlah pemudik yang akan memanfaatkan jasa kapal laut diperkirakan relatif stabil seperti tahun sebelumnya. "Kalau pun ada kenaikan, pertumbuhannya tidak akan lebih dari satu digit," ujarnya.

Hal itu dikarenakan masyarakat memiliki alternatif moda transportasi lainnya, khususnya masyarakat yang bekerja formal, mereka banyak memanfaatkan moda transportasi udara sebagai sarana angkutan mudiknya.

"Sedangkan para pekerja informal seperti pekerja perkebunan dan pedagang banyak yang masih memanfaatkan moda transportasi angkutan laut,” tambah Edi.

Ia menjelaskan, jumlah pemudik kapal laut yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sejak H-15 hingga H+15 pada masa angkutan Lebaran 2011 tercatat sebanyak 163.480 penumpang, pada 2012 sebanyak 132.283 penumpang dan pada tahun 2013 sebanyak 152 penumpang dan tahun 2014 sebanyak 149.583 penumpang.

Penulis: Satria Akbar Sigit
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved