Citizen Reporter

Di TPQ Ini Santri Gratis Mengaji hingga Khatam Quran

dari tidak tahu apa-apa, di TPQ ini santri belajar hingga khatam Al Quran secara gratis...

Di TPQ Ini Santri Gratis Mengaji hingga Khatam Quran
lesprivat99
Mengaji Al Quran 

Ditulis oleh Siti Nur Zumrotun Niswah
Mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang
fb.com/Niswah Zumrotun N

SUARA bening bocah sekolah dasar itu terdengar merdu melantunkan ayat-ayat suci Al Quran dan sanggup menenteramkan hati siapapun yang mendengarnya. 

Kamis (11/6/2015) khotmil Quran yang digelar di TPQ Al-Hikmah Desa Sarangan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro ini diadakan sebagai ungkapan kebahagiaan dan kebanggaan karena para santri di TPQ tersebut berhasil khatam Al Quran selama belajar mengaji.

Santriwan dan santriwati tampil membuka acara dengan membawakan lagu dan tarian islami. Disusul  shalawat qasidah grup rebana Thorikun Najjah yang membius warga yang hadir. Mereka antusias ikut bersalawat.

Acara inti khatam Quran pun dimulai. Para santri mengawali dengan bacaan surah-surah pendek Al Quran secara bergantian dengan fasih.

Abdul Karim, sekretaris Desa Sarangan  mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan agama saat ini. Tidak akan pernah terjadi kerusakan moral jika anak-anak diberi pendidikan agama yang tepat. TPQ, sebutnya, bisa menjadi wadah untuk mendidik anak-anak hingga mampu memahami agama dengan benar sedari dini.

Sementara Hajah Mahfudhoh, pembicara utama di acara tersebut mengaku salut kepada guru ngaji TPQ Al-Hikmah. Di sana, tidak ada gaji untuk para guru ngaji atau ustadzah. Mereka ikhlas  mengajar anak-anak mulai dari nol hingga anak-anak mampu mengkhatamkan Al Quran.

Mahfudhoh menambahkan, taman pendidikan Quran sangat penting untuk mencetak putra putri yang sholeh dan sholehah. Menurutnya, kebahagiaan orangtua terjadi ketika memiliki anak yang beriman, berbakti kepada orangtua, paham agama sehingga akan selalu berbuat baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved