Pemberantasan Korupsi

Demi Usut Korupsi, Kapolda Jatim Ingin Ketua Bawaslu Diganti

#SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf berkirim surat ke Bawaslu pusat terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Bawaslu Jatim.

Demi Usut Korupsi, Kapolda Jatim Ingin Ketua Bawaslu Diganti
m taufik
Ketua Bawaslu Sufyanto saat keluar dari ruang penyidikan Polda Jatim, Senin (25/5/2015) malam. Dia tidak ditahan setelah menjalani serangkaian pemeriksaan. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf berkirim surat ke Bawaslu pusat terkait penanganan kasus dugaan korupsi di lingkungan Bawaslu Jatim.

Dalam surat itu, Kapolda meminta agar Bawaslu segera mengganti posisi Ketua Bawaslu Jatim dan dua anggotanya yang saat ini berstatus tersangka.

Menurut Kapolda Anas, permintaan itu dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan yang sedang berlangsung.

Ketua Bawaslu Jatim Sufyanto bersama dua anggotanya, Andreas Pardede dan Sri Sugeng Pudjiatmiko, sudah berstatus tersangka, tapi sejauh ini belum ditahan dengan alasan kepentingan Pilkada.

Apakah ini berarti tiga komisioner Bawaslu Jatim tersebut bakal ditahan oleh penyidik Polda Jatim setelah posisi mereka diganti?

“Kalian sudah tahu jawabannya. Yang jelas, ini untuk memudahkan proses penyidikan yang sedang berlangsung,” jawab Kapolda kepada sejumlah wartawan di Mapolda Jatim, Rabu (10/6/2015).

Kapolda menyebut, perkara dugaan korupsi di lingkungan Bawaslu Jatim masih terus didalami oleh penyidik Subdit Pidkor Ditreskrimsus Polda Jatim. Sejauh ini, sudah ada 10 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

“Saksi yang dimintai keterangan juga sudah ada puluhan orang. Penyidik terus mendalaminya,” lanjut mantan Wakabareskrim Polri tersebut.

Sepuluh tersangka dalam kasus yang merugikan negara sampai Rp 5,6 miliar ini adalah, Sufyanto; Amru (Sekretaris Bawaslu Jatim), Gatot Sugeng Widodo (Bendahara), Andreas Pardede, Sri Sugeng Pudjiatmiko.

Selain itu juga lima orang dari pihak rekanan Bawaslu Jatim. Dari sepuluh tersangka itu, hanya empat yang ditahan penyidik. Yakni Amru, Gatot Sugeng Widodo, serta dua rekanan Bawaslu bernama Indriyono dan Kusairi.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved