Breaking News:

Dari Limbah Pelepah Pisang jadilah Bukan Kertas Biasa

dari jamur di kamar mandi dikawinkan dengan limbah pelepah pisang, jadilah bahan dasar bubur kertas pengganti bubur kertas dari kayu...

boredpanda
art paper 

Oleh : Hadiatullah
Mahasiswa jurusan Biologi, FMIPA Universitas Brawijaya Malang 
fb.com/hadiatullah.elhafidz

KEBUTUHAN kertas dunia semakin tahun semakin meningkat. Hal ini berimplikasi pada peningkatan produksi kertas yang umumnya terbuat dari kayu. Semakin besar jumlah kayu yang dikonversi menjadi kertas, membuat hutan semakin tahun semakin gundul. Kondisi ini memperparah global warming yang terjadi di bumi. 

 

Hal ini menginisiasi lima mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Brawijaya (UB) Malang _Desak ketut Tristiana, Hadiatullah, Ayu Arsyi A, Isna Arofatun N, dan Ririn Dwi P_ merangkai inovasi berupa kertas super tanpa berbahan dari serat kayu.

 

Inovasi yang dibiayai oleh pendidikan tinggi (Dikti) melalui program hibah kreativitas mahasiswa bidang penelitian, menggantikan bahan dasar kayu dengan ekstrak spirogira yang ditambah konsentrasi limbah pelepah pisang untuk produksi kertas super.

 

Ekstrak spirogira sering dijumpai di kolam perairan bahkan bak kamar mandi menjadi media fermentasi yang sangat baik untuk bakteri gluconacetobacter xylinum yang akan membentuk nata. Dari nata tersebut ditambahkan bermacam konsentrasi limbah pelepah pisang untuk mengoptimalkan produksi kertas super yang beraneka ragam.

 

Campuran antara nata de spyrogira dengan limbah pelepah pisang berhasil menemukan berbagai varian kertas yang berbahankan serat non kayu seperti kertas karton, art paper, kertas majalah bahkan kertas uang yang ditinjau dari gramaturnya.

 

Inovasi sederhana ini diperkirakan mampu menghemat jumlah penggunaan kayu yang siklus panennya sangat lama. Berbeda dengan spirogira yang mempunyai siklus panen yang sangat cepat dan jumlah limbah pelepah pisang yang melimpah.

 

Kini, kelompok yang bernamakan de spyrogira ini tengah antusias mempersiapkan presentasi akhir di depan reviewer dari Dikti Juni 2015 nanti. Selain juga tengah dipersiapkan untuk diikutkan pada internasional conference on engineering and applied science yang akan dihelat di Hokkaido, Jepang Juli 2015 mendatang.

 


Tags
kertas
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved