Tempo Doeloe

Wali Kota Risma Ajukan Mapolrestabes untuk Incar Penghargaan PBB

#SURABAYA - Wali Kota Tri Rismaharini kembali mengincar penghargaan dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Wali Kota Risma Ajukan Mapolrestabes untuk Incar Penghargaan PBB
halopolisi.com
Markas Polrestabes Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kembali mengincar penghargaan dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini ingin menjadikan Mapolrestabes Surabaya sebagai bangunan cagar budaya (heritage) yang diakui dunia.

Sebenarnya bangunan yang berdiri pada 1850 ini sudah menjadi bangunan cagar budaya yang diakui Pemkot Surabaya. Penetapan ini sesuai SK Wali Kota 188.45/251/402.104/1996 nomor urut 17.

Risma mengungkapkan keinginannya menjadikan Mapolrestabes sebagai bangunan cagar budaya yang diakui dunia usai menyaksikan pemusnahan sabu seberat 8 kilogram tadi pagi.

Risma sempat melihat langsung kondisi bangunan Mapolrestabes. Bahkan Risma sempat masuk ke beberapa ruang untuk memastikan kondisinya.

“Gedung ini sudah tua dan menjadi bagian dari sejarah Surabaya. Sejarah Surabaya juga ada disini,” kata Risma.

Saat ini Surabaya sudah memiliki Taman Bungkul yang mendapat penghargaan dari PBB. Penghargaan The 2013 Asian Townscape Sector Award sudah berada di genggaman warga Surabaya.

Menurut Risma, Taman Bungkul mendapat penghargaan karena berfungsi sebagai museum hidup (organik). Taman yang berada di Jalan Darmo ini masih menjadi daya tarik wisatawan religius yang ziarah ke makam Mbah Bungkul.

Selain itu, taman ini juga berfungsi untuk interaksi sosial warga Surabaya.

Dwi-fungsi inilah akan diterapkan di Mapolrestabes Surabaya. Selain menjadi bagian sejarah, Mapolrestabes juga tetap berfungsi sebagai aktivitas polisi sampai sekarang.

Menurutnya, peluang museum hidup mendapat nilai tinggi lebih besar dibandingkan museum konvensional.

Makanya Risma berencana merenovasi Mapolrestabes agar sesuai kriteria penilaian. Renovasi pun harus disesuaikan dengan kriteria yang tetap ditentukan.

Sebelum merenovasi, Risma akan mengirim tim untuk meneliti kondisi bangunan Mapolrestabes.

“Perlu diketahui, cagar budaya itu harus benar-benar orisinil. Warna cat saja bisa jadi masalah,” tambahnya.

Penulis: Zainuddin
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved