Berita Gresik

Sanggama 20 Kali Dihukum 10 Tahun dan Denda Rp 60 Juta

@SURYAcoid - Ini akibat pria 20 tahun membujuk perempuan berusia 16 tahun untuk bersetubuh. Dia dihukum 10 tahun penjara dan denda Rp 60 juta.

Sanggama 20 Kali Dihukum 10 Tahun dan Denda Rp 60 Juta
net
ILUSTRASI 

SURYA.co.id I GRESIK - Sapto Nugroho (29), warga Desa Bambe, Kecamatan Driyorejo, Gresik dihukum 10 tahun penjara dan denda Rp 60 juta, subsidair 3 bulan kurungan.

Ia diputus bersalah karena mengajak sanggama gadis di bawah umur sampai 20 kali. 

Putusan itu dibacakan ketua Djuanto dengan anggota Bintang AL dan I Putu Gede Astawa di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Senin (18/5/2015).

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah bertindak pidana dengan sengaja berbohong atau membujuk anak di bawah umur yang masih berusia 16 tahun untuk bersetubuh,” kata Djuanto dalam amar putusannya.

Terdakwa Sapto terbukti melanggar Pasal 81 ayat (2) Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Perempuan.

Vonis tersebut lebih ringan dibanding tuntutan jaksa Adhyanti Purwantari, yaitu 11 tahun penjara denda Rp 60 juta, subsidair 6 bulan kurungan.

“Terdakwa melakukan persetubuhan dengan anak di bawah usia dilakukan sebanyak 20 kali di tempat berbeda. Pertama disetubuhi di rumah saksi Diego, Pagesangan, Surabaya. Korban diinapkan di rumah Diego selama 4 hari,” kata jaksa Adhyanti.

Hubungan seks itu dilakukan berulang-ulang sejak 15 Agustus 2014 sampai Januari 2015.

Atas putusan tersebut, terpidana Sapto Nugroho mengatakan pikir-pikir, begitu juga dengan jaksa.

“Pikir-pikir, Pak,” kata Sapto Nugroho yang tidak didampingi kuasa hukumnya. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved