Berita Sidoarjo

Rieke Diah Pitaloka Kecam Teror Bom Terhadap Aktivis Buruh

"Ini bukan zaman Orde Baru. Kasus perburuhan harusnya diselesaikan melalui hukum. Bukan teror," ujar Oneng di Sidoarjo.

Rieke Diah Pitaloka Kecam Teror Bom Terhadap Aktivis Buruh
net
Rieke Dyah Pitaloka

SURYA.co.id | SIDOARJO - Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka atau yang populr sebagai pemeran Oneng di sinema televisi jadul, melontarkan kecaman terhadap aksi teror bom yang menimpa Ketua KSPI, Sunandar, Selasa (12/5/2015).

Menurutnya, teror terhadap warga Pejantren, Wonoplintahan, Prambon itu adalah bentuk intimidasi gaya Orde Baru yang represif.

Dia mendesak agar masalah ini menjadi perhatian serius kepolisian. Pasalnya, teror ini bisa mengancam kebebasan berpendapat di era demokrasi.

"Ini bukan zaman Orde Baru. Kasus perburuhan harusnya diselesaikan melalui hukum. Bukan teror," ujarnya ditemui di kantor DPC PDIP Sidoarjo.

Mantan aktris komedi situasi ini menegaskan, gerakan buruh harus dipahami sebagai gerakan perubahan sosial untuk kesejahteraan.

Bila sampai buruh demonstrasi, itu pertanda kesejahteraan belum sampai ke mereka. Sehingga, kata dia, penyelesaian masalah buruh harus lewat aturan dan hukum.

Rieke juga berpesan agar buruh mempersiapkan diri menyambut masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

"Ke depan, peran serikat buruh harus lebih tampak. Bangun pendidikan buruh dan jangan jual massa. Ini berbahaya," ujarnya. 

Penulis: Miftah Faridl
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved