Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran Dibuka 11 Mei

Wiseno mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin memesan tiket supaya memastikan lebih dulu jadwal keberangkatannya

Penulis: Iksan Fauzi | Editor: Yoni
surya/ahmad amru muis
Antrean calon penumpang yang memesan tiket kereta api di Stasiun Gubeng, Surabaya, Selasa (23/12/2014). 

SURYA.co.id| BOJONEGORO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membuka penjualan tiket kereta api tambahan untuk mudik lebaran 2015 mulai Senin (11/5) pukul 00.01.

Pembukaan tiket tambahan itu setelah penjualan tiket mudik lebaran kereta api regular sudah terjual habis pada periode penjualan 8-29 April.

Wakil kepala Stasiun Besar Bojonegoro, Wiseno menyatakan, penjualan tiket kereta api tambahan untuk mudik lebaran dilakukan secara nasional.

Tiket itu untuk jadwal keberangkatan H-7 sampai H-1 lebaran.

Khusus kereta api tambahan itu, PT KAI menyediakan sebanyak 15 kereta api. Rinciannya, ada tujuh kereta api kelas eksekutif dan bisnis, satu kereta api kelas ekonomi komersial, dan tujuh kereta api kelas ekonomi subsidi (PSO).

Ia menambahkan, sejumlah kereta api tersebut, total jumlah kursi yang disediakan PT KAI sebanyak 18.760 kursi per hari.

Sehari, dilakukan dua perjalanan kereta api. Artinya, ada 30 perjalanan kereta api yang dilakukan oleh 15 kereta api yang tersedia dalam sehari.

Sementara, untuk kereta api yang berhenti di Stasiun Besar Bojonegoro ada dua, yaitu, kereta api Sembrani dan Kertajaya.

Kursi yang disediakan untuk kereta api Sembrani sebanyak 324 kursi dan kereta api Kertajaya sebanyak 848 kursi.

Lima belas kereta api tambahan lebaran yang disediakan oleh PT, antara lain, kereta api Argo Lawu jurusan Gambir-Solo, kereta api Taksaka Lebaran jurusan Gambir-Stasiun Tugu Yogyakarta, kereta api Gajayana Lebaran jurusan Malang-Gambir, kereta api Sembrani Lebaran jurusan Gambir-Surabaya Pasar Turi.

Ada juga kereta api Purwojaya Lebaran jurusan Pasar Senen-Kutoarjo, kereta api Lodaya Lebaran jurusan Bandung-Solo, kereta api Sancaka jurTawang Jaya Lebaran jurusan Pasar Senen-Semarang Poncol, Pasundan Lebaran jurusan Kiara Condong-Surabaya Gubeng, Kutojaya Utama Lebaran jurusan Pasar Senen-Kutoarjo.

Kutoarjo Selatan Lebaran jurusan Kiara Condong-Kutoarjo, Matarmaja Lebaran jurusan Pasar Senen-Malang, Kertajaya Lebaran jurusan Tanjung Priuk-Surabaya Pasar Turi, Mantap Lebaran jurusan Pasar Senen-Madiun, dan Kutoarjo Utama Tambahan jurusan Kutoarjo-Pasar Senen.

“Tiket untuk kereta regular lebaran yang berhenti di Stasiun Besar Bojonegoro sudah habis, tapi, calon penumpang bisa membeli tiket kereta api tambahan untuk lebaran yang dibuka mulai Senin dinihari (11/5),” papar Wiseno saat ditemui di kantornya, Sabtu (9/5).

Menurut Wiseno, harga tiket kereta api tambahan sama dengan regular. Bagi calon penumpang yang membatalkan pemberangkatan bisa menyampaikan ke stasiun tempat pemberangkatannya maksimal satu jam sebelum pemberangkatan. Namun, PT KAI akan mengenakan biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket.

“Atau penumpang bisa mengubah jadwal pemberangkatan, tapi selama persediaan kursi masih ada bisa dilakukan,” tambahnya.

Hal itu disampaikan Wiseno mengingat antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk naik kereta api meski harga tiket dinaikkan beberapa waktu lalu.

Ia mencontohkan, calon penumpang kereta api Kertajaya, pemesan melalui pesan singkat ada sekitar 27.000 pesan per detik.

Wiseno mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin memesan tiket supaya memastikan lebih dulu jadwal keberangkatannya. Tiket bisa dipesan melalui pesan singkat, website, mesin e-kiosk, kantor pos, dan minimarket.

 Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved