Breaking News:

WNI Ditangkap di Brunei

Malang Rawan Kelompok Radikal, Polisi Telusuri Sepak Terjang Rustawi

Rustawi berasal dari Malang, yang selama ini termasuk daerah rawan terkait jaringan-jaringan kelompok radikal.

Penulis: M Taufik | Editor: Titis Jati Permata
surya/hayu yudha prabowo
Kondisi rumah pasangan suami istri Pantes Sastro Prajitno dan Rustawi Tomo, WNI yang ditangkap di Brunei karena diduga membawa bahan peledak saat umrah di Desa/Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Rabu (6/5/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Polda Jatim bersama Polres Malang masih terus menelusuri perkara Rustawi Tomo Kabul, warga Jabung, Malang yang ditangkap polisi Brunei Darussalam gara-gara membawa bahan peledak dalam perjalanan umrah.

Penelusuran itu, dilakukan dengan cara mencari tahu siapa sebenarnya Rustawi.

Terutama, menelusuri kemungkinan adanya keterlibatannya dengan kelompok-kelompok radikal yang berafiliasi dengan jaringan teroris.

"Masih dilakukan pendalaman. Termasuk pendalaman tentang profil yang bersangkutan dan proses keberangkatan dia sampai bisa lolos membawa barang-barang itu," kata Direktur Intelkam Polda Jatim, Kombes Pol Nana Sukarna, Kamis (7/5/2015)

Sejauh ini, belum ada tanda-tanda keterlibatan Rustawi dengan kelompok-kelompok itu. Namun, polisi mengaku tetap berusaha menelusuri untuk memastikan semua.

"Kami juga masih mendalami, kok bisa lolos membawa barang-barang seperti itu," sambungnya.

Yang menjadi perhatian polisi, Rustawi berasal dari Malang. Alasannya, selama ini Malang termasuk daerah yang rawan terkait jaringan-jaringan kelompok radikal.

Seperti diketahui, kerap ada keterlibatan warga Malang dengan kelompok-kelompok teroris. Bahkan, sudah ada beberapa yang ditangkap.

"Malang, Lamongan, Magetan kan memang rawan dan selama ini menjadi perhatian kita. Semua kemungkinan bisa saja terjadi, karena itu harus benar-benar didalami. Dan kami masih menelusurinya," imbuh Dirintelkam.

Rustawi diamankan petugas kepolisian Brunei karena membawa bom bondet dan empat peluru dalam kopernya dalam perjalanan Umrah ke tanah suci Makkah.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved