Breaking News:

WNI Ditangkap di Brunei

Polisi Telusuri Sepak Terjang Pria Yang Ditangkap di Brunei

Kapolda juga memerintahkan semua Kapolres se-Jawa Timur untuk menginventarisir perusahaan travel dan biro jasa penanganan umrah.

surya/m taufik
Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf menunjukkan foto paspor warga Malang yang diamankan di Brunei Darussalam gara-gara membawa bahan peledak di dalam kopernya, Rabu (6/5/2015). 

SURYA.co.id SURABAYA – Polisi belum bisa memastikan siapa Rustawi Tomo Kabul, warga Jabung, Malang yang diamankan petugas kepolisian Brunei karena membawa bom bondet dan empat peluru dalam kopernya dalam perjalanan umrah ke tanah suci Makkah.

Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf menjelaskan, pihaknya masih menelusuri siapa sejatinya Rustawi.

“Yang berangkat ke Brunei adalah petugas Densus 88 dan petugas BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris). Sementara kami, masih melakukan penelusuran di Malang,” kata Kapolda, Rabu (6/5/2015).

Jumat (8/5/2015), sambung Kapolda, peugas CID (Criminal Investigation Departemen) dari dari Brunei Darussalam akan datang ke Malang untuk melakukan pendalaman terhadap masalah ini.

Kapolda juga mengaku telah memerintahkan Kapolres Malang untuk mencari tahu detail siapa Rustawi.

“Yang utama, kita masih cari profil dia. Bagaimana kesehariannya dan sebagainya. Semoga tidak ada kaitannya dengan kelompok-kelompok (teroris) itu,” imbuhnya.

Yang sudah didapat polisi, Rustawi berangkat umrah bersama istrinya, Pantes Sastro Prajitno.

Total jemaah umrah yang diberangkatkan oleh travel Al Aqsa tersebut 69 orang. 23 orang dari Malang, dan sisanya dari berbagai daerah di Jawa Timur. Termasuk dari Bangkalan dan sebagainya.

Kapolda juga memerintahkan semua Kapolres se-Jawa Timur untuk menginventarisir perusahaan travel dan biro jasa penanganan umrah.

Tujuannya, untuk antisipasi kejadian serupa agar tidak terulang kembali.

“Termasuk untuk lebih ketat dalam mengawasi embarkasi pemberangkatan dan sebagainya. Sebab, kalau memang jumlahnya terlalu banya, pengawasannya lebih sulit,” lanjutnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved