Berita Kota Blitar

Polisi Blitar Temukan 32 Lembar Diduga Kunci Jawaban Unas

Kadiknas Kota Blitar M Sidig membantah lembar fotokopi yang diduga kunci jawaban itu ditemukan di lingkungan sekolah SMPN 04.

SURYA.co.id | BLITAR - Petugas Polres Blitar Kota bergerak cepat terkait dugaan kebocoran pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) di kota Blitar, Rabu (6/5/2015). Sesaat setelah mendengar ada lembar kunci jawaban soal bahasa Ingris beredar ke tangan siswa, petugas langsung mendatangi sekolah tersebut.

Salah satu sekolah yang didatangi petugas adalah SMPN 04 Kota Blitar. Di sekolah itu, petugas menggeledah tas siswa yang ditaruh di luar kelas. Sebab, saat itu para siswa sudah masuk kelas, untuk persiapan mengikuti Unas.

Penggeledahan itu berlangsung sekitar pukul 07.00 WIB atau 30 menit sebelum Unas berlangsung.

Hasilnya, petugas menemukan 32 lembar fotokopi, yang diduga kunci jawaban Unas soal Bahasa Ingris, yang diujikan pada siang itu.

"Sebanyak 32 lembar itu, kami temukan dalam tas siswa, yang akan ujian. Namun, kami belum bisa memastikan, apakah lembar kunci jawaban itu sama dengan jawaban soal yang akan diujikan," kata AKBP Yosi Runtukahu, Kapolres Blitar Kota, Rabu (6/5/2015).

Atas temuan tersebut, menurut Yosi, petugas masih mengamankan lembaran fotokopi untuk dipelajari.

"Kami masih menghormati pelaksanaan Unas. Sehabis Unas, kami akan memanggil para siswa untuk dimintai keterangan terkait asal-usul lembar jawaban tersebut," paparnya.

Mantan Kasat Brimob Polda Jatim menuturkan, terungkapnya kasus itu berawal dari informasi masyarakat bahwa siswa SMPN 04 dicurigai membawa lembar fotokopian yang diduga kunci jawaban Unas.

Kadiknas Kota Blitar M Sidig membantah lembar fotokopi yang diduga kunci jawaban itu ditemukan di lingkungan sekolah SMPN 04.

Alasannya, saat petugas Polres Blitar Kota datang ke sekolah itu, Unas sudah selesai sehingga para siswa sudah tak ada di sekolah.

"Itu berdasarkan pengakuan kaseknya, yang sudah kami panggil. Katanya, tak ada penggeledahan, karena siswa sudah pulang," papar Sidig.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Tags
Sentul
Penulis: Imam Taufiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved