Breaking News:

Eksklusif Ironi Hari Pendidikan

Dua Anak Jalanan Ini Senang Bisa Sekolah, Tak Habiskan Waktu di Jalan

Dua anjal ini mengaku senang bisa bertemu Rony dan teman-temannya. Perlahan, hidup mereka berubah, tak lagi menghabiskan waktu di jalan.

Penulis: Benni Indo | Editor: Titis Jati Permata
surya/benni indo
Rony Kurniawan bersama dua anak jalanan yang menjadi adik angkatnya, Amin (kiri) dan Indra (kanan) di rumah kotrakannya, Selasa (28/4/2015). 

SURYA.co.id | MALANG - Harapan itu pula yang muncul dari Amin Prasetya (16) dan Indra Maulana (15), dua anjal yang sudah balik ke sekolah.

Dua adik angkat Rony ini seharusnya sudah duduk di kelas 1 SMA. Namun, karena drop out, kini Amin baru duduk di kelas 2 SMP. Sedangkan Indra di kelas 1 SMP.

Amin putus sekolah setelah minggat dari rumah. Di jalan, ia bertahan hidup dengan mengamen di lampu merah perempatan Rampal, Kota Malang.

Biasanya, Amin mulai mengamen pada sore hari hingga sekitar pukul 22.00. Selesai mengamen, ia beristirahat, tidur di emperan pertokoan. Sementara Indra menjadi pengamen sejak kelas 5 SD.

Masalahnya mirip Indra, tak betah di rumah karena kedua orangtuanya kerap bertengkar. Indra kabur dari rumah dan menjadi pengamen sejak 2012.

Sebelumnya, Indra pernah menjadi buruh bangunan di Sidoarjo dengan gaji rendah. Dari memetik gitar ala kadarnya di jalan, Indra bisa mengantongi Rp 60.000 perhari.

Uang hasil mengamen ini selalu habis untuk makan dan bermain game di warnet.

Dua anjal ini mengaku senang bisa bertemu Rony dan teman-temannya. Perlahan, hidup mereka pun berubah, tak lagi menghabiskan waktu di jalan.

“Senang sekali bisa kembali bersekolah. Bisa belajar dan punya banyak teman baru di sekolah,” tutur Amin. Ia pun berangan-angan menjadi gitaris hebat.

Hendra Muhammad (23), rekan Rony di SSC mengatakan upaya membantu anjal ini sesuai amanah undang-undang.

Anjal, katanya, seharusnya dipelihara oleh negara. Namun, kenyatannya mereka tidak dirawat dan bahkan cenderung dipinggirkan.

"Saya bersama rekan yang lain selalu menyediakan waktu untuk membantu Rony. Kami juga tidak berharap adik-adik ini terus berada di jalan," tuturnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved