Breaking News:

Eksklusif Ironi Hari Pendidikan

Anggaran Pendidikan Rp 1,25 Triliun, Tapi Banyak Warga Yang Buta Huruf

Isa berjanji akan berkoordinasi dengan anggota Komisi D lainnya untuk segera menyikapi temuan buta aksara ini

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Titis Jati Permata
surya/eben haezer panca
Akses menuju Dusun Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember yang sulit dan terbatas. 

SURYA.co.id | JEMBER - Anggota Komisi D DPRD Jember Isa Mahdi terkejut saat diberitahu bahwa sebagian besar warga Dusun Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, dan Dusun Sumbercandik, Desa Panduman Kecamatan Jelbuk, buta aksara.

"Terus terang saya terkejut, ternyata masih ada yang seperti itu. Dan itu terjadi di Jember, di Jawa Timur,” ujar Isa kepada Surya, Rabu (29/4/2015).

Pihak Komisi D yang membidangi pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial, katanya, belum pernah mendapat laporan mengenai hal ini, baik dari masyarakat maupun dinas pendidikan.

Politisi Partai Hanura ini menyebut temuan kampung buta aksara ini sebagai ironi. Sebab, anggaran pendidikan di Jember cukup besar.

Dari total APBD 2015 Rp 3,033 triliun, sekitar 30 persen di antaranya untuk pendidikan. Angka mencapai Rp 1,254 triliun.

Berdasarkan pembagian plafon anggaran, dana pendidikan itu mayoritas untuk belanja tidak langsung, yaitu Rp 1,137 triliun.

Belanja tidak langsung itu antara lain untuk gaji dan tunjangan pegawai.

Sedangkan untuk belanja langsung sebesar Rp 116 miliar. Belanja tidak langsung itu antara lain untuk modal, barang, dan jasa. Selain itu juga untuk kegiatan dan bantuan ke sekolah.

Meskipun anggaran untuk dinas pendidikan terbanyak dibandingkan dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang lain, tidak semua anggaran bisa dirasakan seluruh anak di Jember.

Isa berjanji akan berkoordinasi dengan anggota Komisi D lainnya untuk segera menyikapi temuan buta aksara ini. “Juga dicarikan solusi,” tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved