Breaking News:

Hari Kartini 2015

Perkenalkan Budaya Daerah Sejak Dini

Anak-anak perlu dikenalkan budaya daerah sejak dini agar bisa membentengi diri dari arus globalisasi yang semakin deras saat ini.

Perkenalkan Budaya Daerah Sejak Dini
surya/satria akbar sigit
LOMBA KARTINIAN - Anak-anak unjuk kebolehan fashion show pakaian adat dalam acara ASCS Cinta Nusantara. Minggu (26/4/2015).

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Ratusan siswa Alphakid Character Studies Centre (ACSC) berpakaian adat Indonesia meramaikan Jl Ngagel Jaya Utara 45 Surabaya, mengikuti lomba bertema Cinta Nusantara dalam rangka peringatan Hari Kartini, Minggu (26/4/2015).

"Acara ini diadakan dalam rangka ulang tahun kelima ACSC dan menyambut Hari Kartini. Ada lomba mewarnai motif batik, lomba nyanyi lagu daerah, dan fashion show baju daerah," tutur Humas ACSC, Zulfinda Septarini.

Seluruh kegiatan diadakan sebagai sarana untuk mengenalkan budaya daerah kepada anak-anak sejak dini. "Anak-anak jaman sekarang kan lagu Maroon 5 saja sudah hafal, tapi belum pasti mereka hafal lagu daerah. Makanya kami ingin tunjukkan ini lho batik, ini lho lagu daerah, ini lho pakaian adat," terang Finda.

Peserta tidak hanya berasal dari golongan internal ASCS sendiri, melainkan dari berbagai sekolah di beberapa daerah seperti Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo, dan Gresik. Totalnya, ada 160 peserta berbagai lomba.

Ia pun menerangkan, anak-anak perlu dikenalkan budaya daerah sejak dini agar bisa membentengi diri dari arus globalisasi yang semakin deras saat ini. "Sehingga di masa depan mereka bisa bangga menjadi warga negara Indonesia," ujar Finda.

Para orang tua dan murid sangat antusias dalam mengikuti acara ini, contohnya adalah Risnu, warga Jl Ngagel Tirto yang menyekolahkan anaknya, Yasmine Naira, di PAUD ASCS.

Yasmine sendiri memenangkan lomba membatik kategori PAUD. "Bagus, saya harap acara seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin. Anak-anak memang perlu dikenalkan dengan budaya daerah. Caranya yang tepat ya seperti ini," tuturnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: Satria Akbar Sigit
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved