Kriminalitas di Gresik

Drama Penggerebekan Suap Rp 550 Juta Ternyata Libatkan Polisi Asli

@SURYAcoid - Yendy Setiaji setor Rp 550 juta karena berambisi memasukkan anaknya ke spesialis Ortopedi Fakultas Kedokteran Unair Surabaya.

Drama Penggerebekan Suap Rp 550 Juta Ternyata Libatkan Polisi Asli
SURYA.co.id - Moch Sugiyono
DIBEKUK - Komplotan penipu kelas kakap dibekuk Satreskrim Polres Gresik saat menipu orangtua yang ingin anaknya masuk Fakultas Kedokteran Unair. 

SURYA.co.id I GRESIK - Skandal penipuan Rp 550 juta terhadap Yendy Setiaji, warga Palangkaraya, yang didalangi lulusan ITS Surabaya, Agung Yudiansyah, ternyata juga melibatkan polisi asli dari Polres Tanjung Perak, Surabaya.

Yendy Setiaji tertipu Rp 550 juta karena berambisi memasukkan anaknya ke spesialis Ortopedi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Ia bersedia setor uang besar kepada Agung tetapi ternyata Agung menyusun skenario penggerebekan oleh polisi saat transaksi suap.

Tujuannya, Yendy tidak dapat menuntut balik uang besar itu.

"Tersangka masih kami sidik. Belum diserahkan ke satuannya," kata Kasat Reskrim Polres Gresik, AKP Iwan Hari Poerwanto, Rabu 922/4/2015).

Selain melibatkan polisi asli bernama Abdillah Akbar Rahmansyah, komplotan penipu ini juga didukung Agus Kadarisman dan Arfian Syafaat yang menyamar sebagai polisi.

Menurut AKP Iwan Hari Poerwanto, dalam skenario penipuan ini, Abdillah Akbar Rahmansyah bertugas sebagai polisi yang memberantas suap percaloan di Perguruan Tinggi (PT) dan Narkotika.

Akbar bersama Agus Kadarisman dan Arfian Syafaat bawa pistol yang ternyata airsoft gun saat pura-pura menggerebek transaksi suap antara Yendy dengan Agung di kamar vila kawasan Tretes, Kecamatan Prigen, Pasuruan.

Setelah pura-pura meringkus Yendy bersama uang Rp 550 juta, mereka memborgol Yendy dan menutup matanya pakai lakban.

Selanjutnya, mereka membawa Yendy keliling naik mobil Toyota Avanza, warna Silver Nopol L 1975 HK keluar kota Pasuruan sampai Rumah Makan Nasi Krawu di Gresik.

Saat di rumah makan tersebut, korban bermaksud ke kamar kecil dan diizinkan. Namun, saat korban di kamar kecil, ketiga tersangka kabur sambil membawa uang Rp 550 juta.

BERITA SELANJUTNYA: Polisi Terlibat Penipuan Rp 550 Juta Ternyata Juga Pernah Peras Warga

BERITA SEBELUMNYA: Lulusan ITS Dalangi Penipuan Ortu Calon Mahasiswa, Raup Rp 550 Juta

suap

Penulis: Sugiyono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved