Berita Malang Raya

SMKN 4 Sudah Bisa Mengeluarkan Sertifikasi Siswa

Sertifikasi profesi terkait dengan suatu jenis pekerjaan bukan dengan standar kompetensi yang diperoleh di SMK.

SURYA.CO.ID | MALANG - SMKN 2 dan SMKN 4 menjadi perwakilan dari Kota Malang untuk mengikuti pelatihan sertifikasi profesi yang diadakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Hotel SMKN 2 Kota Malang, Senin (20/4/2015).

Selain itu, terdapat 4 sekolah lain yaitu SMK Angkatan Laut Surabaya, SMK Ponorogo, SMK Purwoasri dan SMK Kediri. Setiap sekolah mengirimkan 6 guru untuk mengikut program sertifikasi yang dimulai Senin sampai Sabtu (25/4/2015).

Tahun 2016, Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dihapus, sekolah yang memiliki minimal 2 asesor dan memenuhi syarat, dapat menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak I (LSP I) yang memiliki kewenangan mensertifikasi siswa lulusan untuk suatu jenis pekerjaan.

"Sekolah kami sudah mempunyai 12 asesor nantinya, untuk tiap jurusan dua asesor sehingga apabila memenuhi persyaratan menjadi LSP I, kami sudah mampu melakukan uji profesi pada siswa kami sendiri," tutur Kepala Sekolah SMK N 4 Kota Malang.

Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Malang sekaligus Ketua Panitia, Bagus Gunawan, S.Pd. M.Si menjelaskan, pengujian dilakukan oleh master asesor dari Universitas Merdeka Kota Malang.

"Peserta wajib dari provinsi haya 36 guru, sedangkan kelas yang kami gunakan berkapasitas 50 orang. Jadi sisanya diisi sejumlah guru dengan biaya mandiri," tuturnya.

Ketua BNSP, Ir. Sumarna F. Abdurrahman, Msc. menjelaskan, sertifikasi profesi berbeda dengan UKK yang merupakan satu rangkaian Ujian Nasional (Unas) untuk SMK.

Sertifikasi profesi terkait dengan suatu jenis pekerjaan bukan dengan standar kompetensi yang diperoleh di SMK. "Dengan dana 5 kali lebih besar dari pemerintah, maka percepatan untuk sertifikasi asesor bisa dilakukan untuk mempersiapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dulunya target sertifikasi 40.000 sekolah, sekarang targetnya 300.000 sekolah," jelasnya.

Ketua Badan Koordinasi Sertifikasi dan Profesi (BKSP) JawaTimur, Setiyo Agustiyono menjelaskan, Tahun 2016 ditargetkan semua SMK dapat menjadi LSP I.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Tags
SMK
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved