Guru Besar Chairul Tanjung

Chairul Tanjung Kerja Keras Setelah Anggap Dosen Mirip Wakil Tuhan

Dosen dulu itu nggak bisa dibantah. Mirip wakil Tuhan. Waktu itu, saya disuruh memperbanyak berkas untuk ujian praktikum, tapi saya nggak punya uang.

Chairul Tanjung Kerja Keras Setelah Anggap Dosen Mirip Wakil Tuhan
surya/habibur rohman
Chairul Tanjung saat berada di Unair, Jumat (17/4/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Prof Dr (HC) Chairul Tanjung, lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia pada 1987, kini berjuluk Guru Besar pertama dalam bidang Ilmu Kewirausahaan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Pada pengukuhan pengusaha yang biasa disebut CT itu, Sabtu (18/4), sejumlah pejabat negara hadir di Gedung Garuda Mukti lantai 5 Unair.

Mulai dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta Ani Yudhoyono, mantan wakil Presiden Boediono hingga Ketua MPR RI Zulkifi Hasan dan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Tampak pula Ketua Makamah Agung Muhammad Hatta Ali, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, serta Menteri Riset Teknologi dan Pendidkan Tinggi, Muhammad Nasir.

Ada pula mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh yang telah menyetujui penganugerahan jabatan guuru besar dalam bidang Ilmu Kewirausahaan. Ratusan mahasiswa juga hadir.

Chairul Tanjung jadi guru besar ke-438 di Unair. Dapalm orasinya, dia berjanji mendirikan sekolah bisnis atau Fakultas Kewirausahaan di Unair.

Ia menargetkan sekolah itu akan dibangun pada tahun 2016.

“Saya nggak akan tinggal diam, saya harus terus bekerja. Salah satunya akan mendirikan sekolah kewirausahaan yang didukung Rektor Unair,” ujar mantan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) ini.

Chairul Tanjung berpidato lancara tanpa melihat teks. Ia bercerita sekaligus mengingat beberapa tahun lalu bagaimana ia menciptakakan uang pertama. Katanya, uang pertama itu hanya bermodal teman.

Ia pun mengingat masa mudanya yang pernah menganggap dosen seperti wakil Tuhan.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved