Dugaan Korpsi Dana Hibah di Kadin Jatim

Nelson Kembali Serahkan Barang Bukti Rp 750 Juta

“Kali ini, ada penyerahan Rp 750 juta. Ditambah sebelumnya, berarti sudah ada 3.250.000.000 uang dari tersangka dalam perkara ini."

Nelson Kembali Serahkan Barang Bukti Rp 750 Juta
surya/M Taufik
Uang gebokan senilai Rp 750 juta diserahkan kepada penyidik sebagai barang bukti, Kamis (26/3/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah di Kamar Dagang Industri (Kadin) Jatim kembali menyerahkan uang ke penyidik kejaksaan. Kali ini, tersangka Nelson Sembiring yang menyerahkan uang Rp 750 juta ke penyidik Pidsus Kejati Jatim, Kamis (26/3/2015).

Beberapa hari lalu, Nelson dan Diar Kusuma Putra secara bersamaan menyerahkan uang masing-masing Rp 2,5 miliar ke penyidik dan langsung disita sebagai barang bukti.

“Kali ini, ada penyerahan Rp 750 juta. Ditambah sebelumnya, berarti sudah ada 3.250.000.000 uang dari tersangka dalam perkara ini yang disita oleh penyidik sebagai barang bukti,” ungkap Kasi Penkum Kejati Jatim, Romy Arizyanto.

Seperti sebelumnya, Nelson Sembiring diwakili oleh kuasa hukumnya, John Frederick Hengstz saat menyerahkan uang ke Kejati Jatim. Dengan membawa segebok uang pecahan Rp 50 ribuan, John datang sekitar pukul 14.00 siang.

Uang berbungkus dua plastik transparan itu langsung diantarkan ke penyidik di ruangan pidana khusus lantai 5 gedung Kejati Jatim.

Proses penyerahan berlangsung singkat. Beberapa menit diserahkan, penyidik bersama pengacara Nelson langsung meluncur ke sebuah bank di Jalan Basuki Rahmat Surabaya untuk menitipkan uang tersebut.

“Tanya ke penyidik saja,” jawab John singkat saat ditanya wartawan.

Dalam kasus dugaan penyelewengan dana hibah dari Pemprov Jatim senilai Rp 20 miliar, sudah ada dua pejabat Kadin Jatim yang menjadi tersangka. Yakni Nelson Sembiring, Wakil Ketua Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Kadin Jatim; dan dan Diar Kusuma Putra selaku Wakil Ketua Bidang Hubungan Antarprovinsi Kadin Jatim.

Keduanya sudah ditahan di Rutan Kelas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved