Dugaan Korupsi Dana Hibah Pemprov

Kejati Jatim Bakal Kembali Periksa Tersangka

Kasus yang membelit dua petinggi Kadin itu adalah dugaan penyelewengan dana hibah dari Pemprov Jatim pada 2012 dan 2013.

SURYA.co.id | SURABAYA – Dua tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Rp 20 miliar di lingkungan Kamar Dagang Industri (Kadin) Jatim, baru selesai menjalani pemeriksaan Kamis (5/3/2015) malam. Namun, mereka bakal kembali dipanggil penyidik Kejati Jatim untuk diperiksa pada Selasa (10/3/2015).

Jaksa beralasan pemeriksaan pada Kamis (5/3/2015) kemarin dirasa masih kurang.

“Setelah dilakukan evaluasi, ternyata pemeriksaan kemarin masih kurang. Mereka (dua tersangka) akan dipanggil lagi untuk dimintai keterangan pada Selasa depan,” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim, Febrie Adriansyah, Jumat (6/3/2015).

Dia tidak menyebut secara pasti apa kekurangan dari pemeriksaan kemarin. Hanya penyidik butuh keterangan lagi dari dua tersangka itu untuk melengkapi berkas perkara. “Ada beberapa kekurangan,” sambungnya.

Sejak perkara ini naik ke penyidikan, Fabrie menyebut bahwa alat buktinya sudah sangat cukup. Tentang pemeriksaan sejumlah saksi dan para tersangka, disebut hanya untuk melengkapi serta mencocokkan dengan alat bukti.

Kasus yang membelit dua petinggi Kadin itu adalah dugaan penyelewengan dana hibah dari Pemprov Jatim pada 2012 dan 2013 yang setiap tahunnya terkucur Rp 10 miliar. Dalam perkara ini, ditengarai ada mark up hingga sampai separo dalam sejumlah kegiatan yang ujungnya, mengakibatkan kerugian Negara.

Saat menjalani pemeriksaan di Kejati Jatim, Diar Kusuma Putra menyebut bahwa program-programnya telah terlaksana. Dirinya juga mengaku sudah menyerahkan sejumlah bukti kepada penyidik tentang pelaksanaan program-programnya itu. Diantaranya, kegiatan akselerasi dan pengenalan antarpulau.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved