Breaking News:

Rasa India di Kampus Untag Surabaya

Tujuh Tari Disuguhkan Mulai Ganapati Vandhana hingga Garbo Dance

”Saya baru tahu, kalau di sana (India) juga ada tarian menumbuk padi (Garbo Dance) seperti yang ada di sini,”kata Ida Ayu, Kamis (5/2/2015).

Penulis: Musahadah | Editor: Parmin
surya/habibur rohman
KHAS INDIA - Berbagai tarian india ditampilkan pada a slice of India Garba Dancer pada Festival India in Indonesia 2015 di Graha Widya Untag Surabaya, Kamis (5/2/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Demam budaya India menjangkit di kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Kamis (5/1/2015). Sejumlah mahasiswa tampak berdandan ala negeri hindustan. Laki-laki mengenakan kurta atau kemeja panjang sampai ke lutut, sementara perempuan memakai sari lengkap berupa kain panjang yang dililitkan di badan dengan ujungnya diletakkan di bahu kiri.

Mereka tampak berbaris rapi di depan pintu masuk Graha Widya, menyambut undangan yang hadir.

Sementara di bagian depan gedung, tampak berjejer makanan khas India mulai dari kebab, chapati, nasi briyani, gulab jamun hinga teh rempah.

Dari dalam ruangan terdengar musik khas india yang begitu rancak. Seorang penari tampak memainkan tarian Ganapati Vandhana, sebuah tarian pembuka yang sering ditampilkan di acara-acara resmi.

Dengan lincahnya dia berputar cepat sesekali menabur bunga. Tabuhan gendang berpadu tiupan terompet dengan suara khas mirip seronen Madura ataupun terompet iriangan Reog Ponorogo semakin rancak terdengar. Terlebih dilengkapi suara beradunya simbal mini yang dimainkan penari.

Tampak Rektor Untag Prof Ida Ayu Brahmasari menikmati suguhan budaya dari negeri hindustan itu. Di sampingnya, Manish, Wakil Duta Besar Kedutaan India beberapa kali menerangkan arti dari masing-masing tarian yang dihadirkan.

”Saya baru tahu, di sana (India) juga ada tarian menumbuk padi (Garbo Dance) seperti yang ada di sini,”kata Ida Ayu saat ditemui di sela-sela acara, Kamis (5/2/2015).

VIDEO PENARI INDIA DI SURABAYA

Ada tujuh tarian India yang disuguhkan di acara ’Sahabat India” yang dihelat Kedutaan Besar India dan Untag Surabaya. Dan mahasiswa Untag tak mau kalah dengan menampilkan peragaam busana India.

Wakil Duta Besar India, Manish, mengatakan, acara ini sudah kali kedua digelar di Untag. Tahun sebelumnya, pihaknya menggelar Slice of India di kampus ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved