4 Sekolah Baru di Kabupaten Malang

Di Kecamatan Singosari akan ditambah satu SMPN, yaitu SMPN 5. Tapi bukan unit sekolah baru.

SURYA.co.id | MALANG - Pemkab Malang akan menambah empat sekolah negeri baru yang diperkirakan akan dioperasionalkan pada Tahun Ajaran 2016.

"Hari ini staf bidang sekolah menengah Dindik sedang ke Ditjen Dikmen untuk mengurus usulan melengkapi kesiapan daerah pendirian sekolah baru," jelas Budi Iswoyo, Kadindik Kabupaten Malang kepada Surya Online, Senin (19/1/2015).

Empat sekolah baru itu terdiri dua SMKN dan dua SMPN. Rinciannya, SMKN 1 Wonosari jurusan perhotelan, SMKN 1 Wajak jurusan perikanan dan SMPN 2 Ngajum serta SMPN 3 Dau. "Untuk kesiapan lahannya sudah ada," jelasnya.

Menurutnya, daerah hanya menyiapkan lahan, sedang Pemerintah Pusat menyiapkan dana pembangunan fisik. Dana pembangunan fisik sekolah baru sekitar Rp 2 miliar. Untuk SMPN, minimal 1,5 hektare, sedang untuk SMA/SMK minimal dua hektare.

Menurut mantan Kadis ESDM Kabupaten Malang ini, lahan sekolah baru ada yang dibeli, ada yang tanah kas desa. "Kalau sudah jadi nanti misalkan tahun depan, ya kami akan menata gurunya, Kasek," jelasnya.

Sebenarnya usulan sekolah baru ada sembilan tapi yang mendapat lampu hijau empat sekolah. Yang sementara tertunda antara lain SMAN Olahraga (Smanor) dan penambahan SMPN di Kecamatan Pakis.

"Di Kecamatan Singosari akan ditambah satu SMPN, yaitu SMPN 5. Tapi bukan unit sekolah baru. Tapi ada SDN yang dimerger. Gedungnya nanti akan dijadikan SMPN 5," tandasnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved