Tempo Doeloe

Surabaya 1928, Ada 9 Gerbong Meleset dari Rel Akibat Tabrakan Sepur

@portalSURYA - Di Halte Sukorejo, Surabaya, ada sepur barang tabrakan. Ada 9 gerbong yang meleset dari rel hingga 2 tukang rem terluka parah.

Surabaya 1928, Ada 9 Gerbong Meleset dari Rel Akibat Tabrakan Sepur
http://facebook.com/suryaonline
ILUSTRASI - Suasana Stasiun Wonokromo, Surabaya yang tidak tercantum tahun pemotretannya dari koleksi Maritiem Digitaal, Belanda. 

SURABAYA, SURYA Online - Kecelakaan kereta api sering terjadi di berbagai daerah di Jawa. Peristiwa terkini di Tulungagung, yakni Kereta Api Majapahit menabrak mobil Panther diduga gara-gara diduga sirinenya tak berfungsi.

Namun, peristiwa semacam itu bukan fenomena zaman modern saja. Kita simak kejadian di Surabaya, 86 tahun silam, sebagaimana diberitakan Kajawen edisi 1 Desember 1928.

Koran itu berbahasa Jawa madya, tidak seperti majalah Panjebar Semangat yang memakai bahasa Jawa ngoko sejak terbit pertama kali di Surabaya, 2 September 1933 di bawah asuhan Raden dr Soetomo, salah satu pendiri Boedi Oetomo.

Mulai saat ini, SURYA online akan secara berkala memuat kabar tempo doeloe dari berbagai sumber.

Dan, inilah berita sekilas tentang kecelakaan sepur di Surabaya dari Kejawen yang sebetulnya mengutip juga dari surat kabar lain.

Ing halte Sukarêja, Surabaya, wontên sêpur barang-barang tumbukan, wontên grêbong 9 ingkang mlèsèd saking ril, tuwin wontên tukang rèm kêkalih nandhang tatu rêkaos.

Ing wêkdal punika lajêng gêlakan nyambut damêl dalu, enjingipun sampun kenging kangge langkung malih kados adat.

Terjemahannya:

Di Halte Sukorejo, Surabaya, ada sepur barang tabrakan. Ada 9 gerbong yang meleset dari rel hingga 2 tukang rem terluka parah.

Saat itu juga langsung dibenahi pada malam hari sehingga paginya sudah bisa dilewati seperti biasanya.

Mari bergabung juga di Facebook SURYA

Penulis: Yuli
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved