Breaking News:

Septiyawan Rosetya Wardhana

Lulusan Terbaik ITATS, Pencipta Jurnal yang Hobi Bermusik

Sistem ini sudah dipasang di Laboratorium Komputer ITATS agar dimanfaatkan mahasiswa, terutama mahahasiswa tingkat akhir yang butuh bahan skripsi.

Penulis: Musahadah | Editor: Parmin
surya/musahadah
Septiyawan Rosetya Wardhana (kiri)menunjukkan karyanya di kampus ITATS Surabaya, Jumat(5/12/2014). 

SURYA Online, SURABAYA - Tak hanya lulus cumlaude, mahasiswa Teknik Informatika, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) ini juga menghasilkan karya inovatif berupa mesin pencari (search engine) jurnal ilmiah. Dia juga keyboardist yang meraih beberapa penghargaan musik.

Bagi mahasiswa yang kini tengah menyusun skripsi dan butuh literatur jurnal ilmiah bisa memanfaatkan karya Septiyawan. Sistem rekomendasi jurnal yang dibuat mahasiswa kelahiran 25 September 1991 ini menyerupai mesin pencari data yang sudah termasyur, Google. Hanya logo-nya didesain beda, dengan kata "jurnal" sebagai penanda.

Untuk mencari jurnal yang diinginkan, pengunjung bisa langsung menuliskan kata kuncinya.
Dalam beberapa detik akan keluar hasil pencarian yang diinginkan.

"Yang membedakan dengan google, pengunjung harus login dulu sebelum melihat jurnal. Dan otomatis dia akan menjadi member kami," kata Septiyawan saat ditemui usai pembekalan wisuda di kampusnya, Kamis (4/12/2014).

Keuntungan menjadi user, admin akan memberikan rekomendasi dari jurnal-jurnal terbaik yang diinginkan dalam format PDF.   

Masing-masing jurnal akan menampilkan tanda like atau unlike. Semakin banyak jurnal mendapat like maka dia akan muncul di urutan awal saat kata kuncinya dimasukkan dalam mesin pencari.   

Pria yang akrab disapa Rossy ini telah meng-upload lebih dari 300 jurnal ilmiah yang bisa dipilih. Kebanyakan dia dapat dari dosen serta upload jurnal-jurnal yang sengaja dipublikasikan oleh penelitinya.

“Saya tidak bisa sembarangan meng-upload jurnal karena ini berkenaan dengan hak atas kekayaan intelektual penelitinya. Jadi saya harus minta izin dulu,”aku pria asli Magetan.

Rossy sengaja memilih jurnal karena dia ingin mengembangkan dunia pendidikan, terutama bidang  penelitian.

Sistem ini sudah dipasang di Laboratorium Komputer ITATS agar bisa dimanfaatkan mahasiswa, terutama mahahasiswa tingkat akhir yang membutuhkan bahan skripsi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved