Breaking News:

Proyek Sanitasi Terpadu USRI Dikerjakan Langsung Oleh Warga

Menurut Ida, dengan dilakukan oleh masyarakat, mereka tak mungkin mengerjakan proyek sanitasi terpadu secara asal-asalan.

surya/sugiyono
Bekas galian pipa sanitasi terpadu di Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, belum diperbaiki sehingga merusak fasilitas jalan, Jumat (14/11/2014). 

SURYA Online, GRESIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik banyak menerima bantuan sanitasi terpadu untuk mengurangi limbah rumah tangga dan memberikan pelayanan hidup sehat warga.

Di antaranya dari Pemerintah Australia ke Pemerintah Indonesia melalui proyek Indonesia Infrastrukture Initiati (INDII) dan proyek Urban Sanitation and Rural Infrastructure  (USRI) .

"Untuk proyek USRI dikerjakan langsung oleh masyarakat desa, dengan dana dari pusat yang dicairkan ke rekening panitia desa. Jadi kalau ada penyelewengan, masyarakat bisa menanyakannya kepada pelaksana desa," kata Ida Lailatus Sa'diyah, Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gresik, Jumat (14/11/2014).

Menurut Ida, dengan dilakukan oleh masyarakat, mereka tak mungkin mengerjakan proyek sanitasi terpadu secara asal-asalan.

Menurut Ida, proyek sanitasi komunal mulai digencarkan oleh Pemkab Gresik mulai 2012.

Termasuk proyek USRI dikerjakan oleh masyarakat secara swakelola sehingga jika ada kekurangan anggaran masyarakat bisa menambah dan atau membantu mengerjakan sendiri.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Tags
sanitasi
Penulis: Sugiyono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved