Ini Lima Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Merawat Rambut

Pemilik rambut tipis sebaiknya rutin menggunting rambutnya, atau dengan kata lain menghindari model rambut panjang.

Ini Lima Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Merawat Rambut
wikimedia
Ilustrasi rambut perempuan 

SURYA Online, SURABAYA - Keluhan perempuan terkait rambut biasanya seputar rambut tipis, lepek, berminyak atau kasar.

Berbagai cara ditempuh untuk mengantisipasinya. Mulai dari pemakaian hair extension , hair clip, maupun melakukan akupuntur rambut.

Padahal cara tersebut belum tentu berhasil.

Nah, sejumlah pakar kecantikan rambut mengurutkan daftar kesalahan fatal perawatan rambut. Berikut beberapa di antaranya.

Membiarkan rambut tumbuh terlalu panjang
Pemilik rambut tipis sebaiknya rutin menggunting rambutnya, atau dengan kata lain menghindari model rambut panjang. Membiarkan rambut tumbuh terus hanya akan berakhir pada kerontokan. Sebab, folikel dan jenis kulit kepala terlalu "berat" menopang akar rambut sehingga malah membuatnya semakin rontok dan tipis. Pilih opsi lain agar rambut nampak tebal seperti gaya potongan yang bervolume.

Menggunakan terlalu banyak produk dalam sekali pemakaian
Menggunakan terlalu banyak produk kecantikan tak akan membuat rambut tumbuh lebat dan tebal. Hindari menuangkan sampo, kondisioner, serum, krim, spray dan lainnya pada rambut. Cukup oleskan minyak argan alami yang bisa melembutkan dan menumbuhkan akar rambut serta memperbaiki kondisi kulit kepala. Zat kimia yang terlalu banyak hanya akan merontokkan dan membuat rambut semakin tipis.

Sering bergonta-ganti produk sampo
Mau tahu apa akibat mencoba berbagai jenis produk sampo? Rambut bukannya semakin tebal tapi justru tipis. Hindari kondisi ini demi menjaga kesehatan kulit kepala dengan sampo penjernih yang menjaga kelembapan, tekstur, serta akar rambut tanpa menyerap terlalu banyak zat kimiawi.

Terlalu banyak mengaplikasikan produk penata rambut
Penting membedakan mana produk penata rambut dengan produk perawatan rambut pasca keramas seperti hair spray , mousses , dan lainnya. Mousses rambut misalnya, memiliki tekstur sangat lembut (creamy ) dan cenderung berminyak sehingg tidak disarankan mengaplikasikannya di bagian ujung akar dan helai rambut. Manfaat mousses  akan memberi kilau, tapi juga akan terkesan lepek yang justru merusak tekstur rambut.

Temperatur panas pada rambut
Saat mengeringkan atau sedang menata rambut seperti blow-dry , curling-iron dan lainnya, mesku menggunakan teknik terbaik sekalipun akan merontokkan akar dan menjauhkan rambut dari kulit kepala. Selain itu, penggunaan alat bersuhu panas akan merusak kelembapan alami yang berujung pada kerontokan dan rambut bercabang. (Ridho Nugroho)

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved