Berbagi Pengalaman Penanganan Gempa di Haiti

Stephane merupakan petugas medis dari PBB yang membantu penanganan pasca bencana di Haiti.

Berbagi Pengalaman Penanganan Gempa di Haiti
surya/adrianus adhi
PAMERAN BENCANA - Seorang pengunjung pameran tengah menengok koleksi foto milik IFI di Gedung Pertamina, Polinema, Rabu (3/9/2014).

SURYA Online, MALANG – Foto-foto terbaik dan poster informasi terkait bencana milik Insititute France Indonesia (IFI) meramaikan Fete de La Science atau Pesta Science di Gedung Pertamina, Politeknik Negeri Malang (Polinema), Rabu (3/9/2014) siang.

Menurut Penanggung Jawab Campus France, Dina Mardiana, foto-foto tersebut diambil dari berbagai lokasi bencana di dunia, salah satunya Indonesia. “Ini adalah pengalaman bagi kita akan pentingnya pengetahuan dan pemahaman akan bencana itu,” katanya kepada Surya, Rabu (3/9/2014).

Selain menampilkan pameran foto dan poster tersebut, IFI juga mengajak pengujung untuk memahami potensi bencana di Malang Raya melalui seminar yang bertajuk ‘Strategi Rekontruksi Pasca Bencana’.

Seminar yang diikuti pelajar, mahasiswa dan Pemerintah ini menghadirkan tiga pembicara yakni Prof Dr Eddy Rahardjo Phd (Universitas Airlangga), Dr Ir Amien Widodo (Institut Teknologi Sepuluh November) dan Stephane Reyner (Medecin Sans Frontieres).

Dina menambahkan, Stephane merupakan petugas medis dari PBB yang membantu penanganan pasca bencana di Haiti. Negara ini dipilih oleh IFI karena penanganan pasca gempa di sana masih belum berakhir hingga kini. Padahal, Gempa melanda negara itu pada 2010 lalu.

“Kami membawa dia ke sini untuk berbagi pengalamanan untuk mengatasi bencana sebab di Malang ini juga daerah yang rawan terkena bencana gempa bumi dan gunung meletus,” kata Dina.

Tags
pengalaman
Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved