Polsek KP3 Banyuwangi Gagalkan Pengiriman Enam Mobil Bodong ke Bali

Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Tanjung Wangi Banyuwangi mengamankan enam mobil bodong

Penulis: Wahyu Nurdiyanto | Editor: Heru Pramono
Polsek KP3 Banyuwangi Gagalkan Pengiriman Enam Mobil Bodong ke Bali
surya/wahyu nurdiyanto
Toyota Alphard dan Toyota Hilux tanpa surat kendaraan yang diamankan oleh petugas Polsek KP3 Banyuwangi, Senin (1/9/2014).

SURYA Online, BANYUWANGI - Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Tanjung Wangi Banyuwangi mengamankan enam mobil bodong atau tanpa kelengkapan surat kendaraan yang akan diseberangkan ke pulau Bali.

Dari tujuh kendaraan tersebut, dua diantara berupa mobil mewah built up yakni Toyota Alphard B 1929 SRF dan Toyota Hilux B 9527 TAK, sedangkan satu mobil lainnya merupakan mobil hasil pencurian di wilayah Jakarta, yakni Suzuki Carry Pick Up B 9755 AD.

Adapun mobil lain yang terjaring adalah Suzuki APV DK 785 IB, Toyota Avanza BE 1467 QA, Suzuki APV D 1181 QV dan Daihatsu Grand Max.

"Mobil-mobil ini diseberangkan ke Bali untuk mobil rental," kata Kapolsek KP3 AKP Subandi, Senin (1/9/2014).

Subandi mengatakan, mobil-mobil tersebut akan dibawa oleh sopir-sopir menuju Bali melalui pelabuhan Ketapang dan terjaring saat pemeriksaan beberapa waktu lalu.

Mobil-mobil ini diketahui menggunakan STNK palsu dan akhirnya mobil tidak boleh menyeberang dan diamankan sedangkan sopir diperiksa.

Para sopir sendiri tidak tahu jika mobil mereka bermasalah karena sudah ada STNK ditangan dan hanya diminta mengantar ke Denpasar.

Karena itu mereka tidak ditahan hanya menjalani pemeriksaan mengenai siapa yang memberi order.

"Hasil pemeriksaan, mobil-mobil tersebut hasil penggelapan di beberapa rental kendaraan di wilayah lain," jelas Subandi.

Subandi mengatakan, ada  beberapa modus pengendara untuk mengelabui pemeriksaan STNK oleh petugas, seperti mengganti pelat nomor mobil.

"Selain itu, STNK biasanya dilaminating sehingga kami tidak bisa memeriksa itu palsu atau asli. Padahal kalau tidak dilaminating dari pengamatan awal saja petugas sudah tahu palsu atau asli," papar Subandi.

Menindaklanjuti kasus ini, Subandi mengatakan, Petugas Polres Banyuwangi terus berkoordinasi dengan Polda Jatim dan Polda wilayah lain untuk melacak pemilik asli dan pelaku penggelapan mobil-mobil tersebut.

Tags
Muncar
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved