Breaking News:

Pemilu 2014

KPU : Debat Capres-Cawapres Tanpa Panelis, Hanya Dipandu Moderator

Pelaksanaan debat ini serupa dengan debat pada Pemilu Presiden 2009.

antara
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut satu, Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Hatta Rajasa (kiri) beserta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut dua, Joko Widodo (kedua kanan) dan Jusuf Kalla (kanan) menunjukkan hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2014 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (1/6/2014). 

SURYA Online, JAKARTA – Pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden 2014 hanya dipandu moderator dan tidak mengikutsertakan panelis.

Pelaksanaan debat ini serupa dengan debat pada Pemilu Presiden 2009.

"Kalau pakai panelis tidak efektif dengan waktu karena nanti panelis sibuk sendiri dengan argumen-argumen dan pertanyaan-pertanyaannya," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman Arief di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Arief menambahkan, alasan KPU tidak mengikutsertakan panelis karena berkaca dari debat capres 2004.

Saat itu, KPU menilai durasi debat capres banyak terbuang dan tidak memperoleh esensi dari keterlibatan panelis itu sendiri.

Mengenai pelaksanaan debat capres kali ini, KPU sudah mempersiapkan moderator yang akan mengatur alur selama proses debat.

Moderator yang dipersiapkan KPU ada yang berlatar belakang akademisi, profesional, dan ada pula presenter dari televisi yang menayangkan.

"Presenter profesional kan juga bisa mencakup semuanya. Asalkan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan sesuai dengan tema debat capres," ujar Arief.

Untuk durasi debat capres akan dilaksanakan selama 90 menit, dan peserta diberi waktu untuk istirahat setiap 30 menit.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved