Parkir Berlangganan Mulai 1 Mei

"Pada tahun 2014 setelah parkir berlangganan ini diberlakukan, maka setoran parkir untuk kas PAD Gresik menjadi Rp. 8,06 miliar"

SURYA Online, GRESIK -  Pemkab Gresik akan memberlakukan parkir berlangganan di wilayah Kabupaten Gresik, mulai Kamis (1/5/2014), menyusul telah ditandatangani kesepahaman antara Bupati Dr. Sambari Halim Radianto, Indra Setiabudi Ranu dari Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur dan Kompol Dolly AP Wakapolres Gresik, tentang parkir berlangganan di Ruang Putri Cempo.
Kepala Dinas Perhubungan, Ahmad Nuruddin penarikannya dilakukan setiap tahun sekali dan akan ditambahkan pada setiap registrasi STNK. Adapun tarif parkir berlangganan tersebut, masing-masing untuk kendaraan roda dua Rp 15 ribu, roda 4 Rp 40 ribu, serta bus dan truk sebesar Rp 60 ribu setiap tahun.
Sejak diberlakukan parkir berlangganan, nantinya akan ada kenaikan setoran PAD dari sektor parkir ini. "Kenaikannya sangat signifikan, karena pada tahun 2013 setoran PAD dari sektor parkir ini hanya Rp. 2.197.500.000,- . Pada tahun 2014 setelah parkir berlangganan ini diberlakukan, maka setoran parkir untuk kas PAD Gresik menjadi Rp. 8,06 miliar," kata Nuruddin.
 
Estimasi pendapatan parkir ini, kata Nurdin, didapat dari jumlah kendaraan di Gresik sebanyak 436.985 unit. Rinciannya 390.032 kendaraan roda dua, 30.370 roda empat, 492 bus dan 16.091 truk. Adapun lokasi parkir berlangganan sebanyak 58 titik, yang tersebar di 37 lokasi di Kecamatan Gresik, 5 di Kecamatan Kebomas, 14 di Kecamatan Manyar, dan masing-masing 1 lokasi di Kecamatan Duduksampeyan dan Kecamatan Sangkapura.
Untuk itu, tambah Nuruddin, pihaknya sudah menyiapkan 175 orang tukang parkir yang diberi honor bulanan oleh pemkab. Juga telah disiapkan 91 rambu parkir, sebanyak 21 rambu dipasang di sepanjang Jalan Haji Samanhudi, Jalan Kalimantan Komplek GKB sebanyak 18 rambu.  "Mungkin nantinya akan kita tambah, penempatan rambu tersebut untuk memudahkan masyarakat lokasi parkir berlangganan," kata Nurdin.
 
Bupati DR Sambari Halim Radianto mengatakan, kebijakan penerapan parkir berlangganan ini memerlukan kerjakeras dan kerjasama semua pihak. "Kepada dinas perhubungan untuk bisa bekerja lebih giat, agar kebijakan ini bisa berjalan sesuai harapan," pinta Bupati Sambari.
Tags
Ramayana
Penulis: Adi Agus Santoso
Editor: Adi Agus Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved