Saatnya Indonesia Pemilu Online

Murah, mudah, cepat, meminimalkan money politic, jujur, sederet keuntungan bila Indonesia menerapkan pemilu online pada 2019 nanti.

Saatnya Indonesia Pemilu Online

PEMILU offline 1955 memang tergolong bersih dan jujur. Seiring perkembangan jaman, pemilu kian mudah direkayasa. Terlebih sejak pemilu/pemilukada offline pemilu sangat mudah direkayasa. Kecurangan dan money politic merajalela. Syarat jadi politisi/caleg terlalu ringan. Hasilnya, pemilu menghasilkan politisi tak berkualitas dan bermental korup. Pemilu offline juga pemborosan uang, waktu, sarana prasarana, SDM, tenaga, pikiran dan pemborosan di semua bidang.

Atas dasar itulah pemilu 2019 nanti sebaiknya digelar secara online. Bahkan dimungkinkan pemilu/pemilukada gabungan secara serentak dan online. Syarat jadi politisi/caleg pun harus diperketat. Melalui tes online dan multi tes. Mulai tes IQ, EQ, SQ, LQ dan lain-lain. Mereka yang lulus dengan nilai tertinggi, namanya langsung terpasang di daftar lulusan secara online.

Untuk menghindari money politic, saat pemilu yang ditampilkan bukan nama politisi, tapi nomor urut/nomer kode dari komputer secara otomatis dan tak diketahui para politisi. Pemilih memasukkan NIK e-KTP, masuk bilik suara dan menekan nomor tertentu di layar sentuh. Hanya ada nomor urut/nomor kode politisi, logo dan nama parpol. Tanpa nama dan foto politisi.

Untuk daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan internet, tetap digelar pemilu offline, termasuk lembar braille untuk para tunanetra. Hasil pemilu online diumumkan per TPS, per kota/kabupaten, per provinsi dan secara nasional sekaligus hari itu juga.

Dengan begini pemilu online akan berjalan jujur, tanpa money politic dan menghemat berbagai hal. Sistem ini harus dijamin bebas hacker. Hasil pemilu bisa diketahui saat dimulai pemilu hingga selesai pemilu, tetap menampilkan nomor/kode politisi. Nama-nama pemenang (real name) akan ditampilkan otomatis secara online saat semua data selesai diproses.

Rusia sukses dengan pemilu online ini dan tak ada salahnya kita studi banding ke sana. Pemilu online tak sulit. Justru 100 kali lebih mudah dan murah dibanding pemilu offline.

Hariyanto Imadha
Vila Pamulang - Tangerang Selatan

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved