Lorenzo, Rossi, dan Pedrosa Nyaris Mesti Ikut QP1

Keperkasaan Aleix Espargaro dan tim-tim kelas Open di Losail, Qatar, nyaris membuat tiga pebalap utama MotoGP mesti ikut QP1

Lorenzo, Rossi, dan Pedrosa Nyaris Mesti Ikut QP1
surya/ist
Jorge Lorenzo

SURYA Online, LOSAIL - Keperkasaan Aleix Espargaro dan tim-tim kelas Open di Losail, Qatar, nyaris membuat tiga pebalap utama MotoGP mesti ikut QP1, tanpa harus langsung ke Q2. Namun di saat akhir free practice (FP) 3 hari Jumat (21/3) Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa selamat.

Ketiga pebalap itu mesti masuk 10 besar gabungan waktu terbaik dari FP1, FP2, dan FP3, agar langsung ikut babak kualifikasi dua atau utama (QP2). Pada detik-detik akhir FP3, sesi di mana biasanya waktu-waktu tercepat dibuat, Lorenzo berhasil ada di posisi 7, Rossi 9, dan Pedrosa 10! Sebuah momen yang mendebarkan bagi seri perdana MotoGP musim 2014 ini.

Bila mereka gagal menembus 10 besar, dan semua harus ikut babak kualifikasi 1 (QP1) terlebih dahulu, dipastikan salah satu di antaranya tak bisa ikut QP2 karena yang boleh ikut Q2 adalah dua pebalap tercepat di QP1. Nama unggulan lain, Marc Marquez, selamat lebih dulu karena ada di posisi 5.

Lorenzo dan Rossi yang sama-sama menggeber Yamaha mengeluhkan minimnya grip ban belakang Bridgestone. "Kami sudah menggunakan ban soft dan mesti beradaptasi dengan kondisi ini. Positifnya adalah, untuk kecepatan lomba selisih waktu kami tidak besar," kata Lorenzo dalam rilis yang diterima bolanews.com.

Rossi mengakui bahwa Aleix adalah favorit, bahkan untuk lomba. "Dia cepat bukan hanya untuk kualifikasi tapi juga lomba," ujarnya.

Bagi Pedrosa, hasil yang dicapainya terjadi karena dia melakukan banyak hal sehingga tidak fokus ke pencatatan waktu saja. "Saat ini kami belum melakukan perubahan besar," kata pebalap Spanyol itu.

Sementara itu, Marquez mengakui bahwa para pebalap kelas Open punya kans besar untuk menempati pole position. Pertama karena mereka mendapatkan ban spesial, extra-soft, yang tak bisa digunakan para pebalap kelas Factory, dan kedua karena mereka pernah melakukan tes pramusim di sirkuit ini sehingga sudah tahu bagaimana beradaptasi dengan suhu dan ban baru Bridgestone.

Lomba MotoGP Qatar digelar hari Senin (24/3/2014) dini hari, pukul 02.00 WIB.

Tags
Rossi
Editor: Heru Pramono
Sumber: Bola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved