Polusi Tinggi, Paris Batasi Mobil Pribadi

Aturan baru yang membatasi penggunaan kendaraan pribadi mulai diterapkan di Paris, untuk mengatasi tingginya polusi udara.

Polusi Tinggi, Paris Batasi Mobil Pribadi
foto/afp
Mengurangi batas kecepatan menjadi solusi alternatif untuk mengurangi polusi.

SURYA Online, PARIS - Aturan baru yang membatasi penggunaan kendaraan pribadi mulai diterapkan di ibukota Prancis, Paris, untuk mengatasi tingginya polusi udara.

Mulai Senin (17/3/2014), warga hanya boleh menggunakan mobil pribadi tiap dua hari sekali.

Pemerintah Prancis membuat keputusan itu setelah polusi udara melampaui batas aman lima hari berturut-turut di Paris dan sekitarnya.

Penggunaan sepeda motor juga diatur. Pemerintah hanya membolehkan penggunaan sepeda motor dengan plat nomor ganjil di jalan.

Mulai Jumat kemarin, transportasi publik digratiskan untuk tiga hari ke depan sebagai upaya untuk mendorong warga meninggalkan mobil mereka di rumah.

Kondisi berkabut di kota Paris terjadi karena dinginnya udara malam dan hangatnya suhu siang hari, sehingga polusi kendaraan terperangkap dan sulit hilang.

Kualitas udara Paris mencatatkan rekor terburuk dengan tingkat dua kali dari ambang batas aman demikian menurut lembaga lingkungan hidup Prancis. Kondisinya bersaing dengan Klik polusi ibukota Cina, Beijing yang menjadi kota paling terpolusi di dunia.

Pemerintah akan meninjau kembali tingkat polusi pada hari Senin, sebelum memutuskan apakah akan memperpanjang pembatasan mengemudi untuk jangka waktu yang lebih lama. (bbc)

Tags
polusi
Editor: Heru Pramono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved