Gratis, Urus Ijin Investasi di Gresik

"Saat ini, Wakil Bupati Mohammad Qosim dan Sekda M Nadjib berada di Jepang, untuk menindaklanjuti investasi tersebut,"

Gratis, Urus Ijin Investasi di Gresik
PAPARAN - Bupati DR Sambari Halim Radianto saat memberikan paparan tentang Kabupaten Gresik kepada ratusan pengusaha di Hotel JW Marriot Surabaya, Rabu (5/3/2014).

SURYA Online, GRESIK - Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto berjanji, akan mempermudah setiap proses perijinan investasi yang masuk. Percepatan pemrosesan perijinan tersebut, akan segera selesai apabila dokumennya jelas. Terutama dokumen status tanah, Rencana tata ruang wilayah (RTRW), dan dokumen lingkungan.

Bupati menjamin, tidak akan mengenakan retribusi, untuk pengurusan Surat Ijin Prinsip Penanaman Modal (IPPM), Surat Ijin Pemanfaatan Ruang (IPR) dan ijin lokasi. "Kalau selama ini anda mengeluarkan uang untuk ijin tersebut berarti anda salah dalam mengurusnya. Datang saja sendiri langsung ke kantor Badan Penanaman Modal dan Perijinan (BPMP) Gresik, jangan menyuruh orang lain atau perantara” tegas Bupati Sambari saat silaturahmi dengan pengusaha di Hotel JW Marriot Surabaya, Rabu (5/3/2014).

Bupati menyatakan, tidak ada persyaratan khusus tentang pengurusan perijinan. Semuanya sesui prosedur baku yang sudah ada. "Kami menginginkan investor yang jelas dan serius, punya modal dan tidak memanfaatkan atau menjual surat ijin usaha tersebut kepada pihak lain, maka saya jamin surat perijinannya akan selesai dalam waktu satu hari. Ayo buktikan” tantang Bupati Sambari,

Acara yang dihadiri sekitar 150 orang pengusaha ini, juga dihadiri pejabat Muspida Gresik, Kepala SKPD, dan Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur Erlangga Satriagung.

Dalam paparannya, bupati menjelaskan beberapa peluang usaha yang ada di Gresik termasuk fasilitas pendukung yang sudah ada maupun yang akan dibangun. Beberapa peluang usaha di 4 (empat) zona pengembangan Gresik yaitu wilayah selatan, tengah (kota), Selatan dan wilayah kepulauan.

Dalam pengembangan tersebut, bupati merinci beberapa fasilitas air, listrik dan sumber gas. “ketersediaan listrik saat ini surplus 148.883.188 Kwh, gas surplus 75 mmbtu dan ketersediaan PDAM 750 liter/detik, yang menjangkau 10 kecamatan di Gresik. Belum lagi nanti setelah air dari Bendung Gerak Sembayat (BGS), yang membendung air Sungai Bengawan Solo dengan kapasitas sebesar 7000 m3. Kami bekerjasana dengan pihak asing untuk memanfaatkan air bendungan ini dengan produksi air sebesar 2.000 liter/detik” paparnya.

Selain fasilitas tersebut, kata Sambari, pembangunan pelabuhan international seluas 3.150 hektar akan segera dilaksanakan. Beberapa perusahaan Jepang sudah menyatakan akan berinvestasi di Gresik, seperti Mitsui, Mitsubishi dan Sumitomo. "Saat ini, Wakil Bupati Mohammad Qosim dan Sekda M Nadjib berada di Jepang, untuk menindaklanjuti investasi tersebut," kata Sambari.

Kepala Bagian Humas Agus Setya Prambudi mengatakan, saat ini Gresik bak primadona dalam bidang investasi. Terbukti sampai hari ini, masih ada 614 surat ijin yang belum ditandatangani. "Padahal setiap malam Bupati selalu menyempatkan diri untuk memeriksa satu persatu surat perijinan yang masuk," ujar Agus.

Tags
BKMS
Penulis: Adi Agus Santoso
Editor: Adi Agus Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved