Hanya Beda di Berat Ransel

Wanita kelahiran Madiun, 25 Maret 1964 ini mengaku, dua profesi yang dijalaninya ini bisa saling mendukung.

SURYA Online, SURABAYA - Menjadi tentara di Korp Wanita Angkatan Darat (Kowad), tidak membuat Mayor CAJ (K) Ida Martianingsih, meninggalkan kodratnya sebagai ibu bagi tiga anaknya. Wanita kelahiran  Madiun, 25 Maret 1964 ini mengaku, dua profesi yang dijalaninya ini bisa saling mendukung.
"Di tentara saya mendapatkan manfaat semangat untuk disiplin dan menjaga kesehatan dengan olahraga rutin. Di rumah tangga saya bisa menjalankan tugas hakekat seorang perempuan dan ibu. Dua-duanya saling isi dan melengkapi," lanjut Kowad yang menjabat sebagai Kepala Penerangan Korem 084 Bhaskara Jaya itu.

Di tentara, dengan jabatannya, Ida yang merupakan alumnus Milsuk 2, tahun 1983 - 1984 itu, juga memasukkan rasa keibuan dengan menjadi pengayom anak buahnya. Sementara sebagai rumah tangga, dia memasukkan disiplin ala tentara, tapi tetap dengan kasih sayang dan cara yang lebih halus pada anak-anaknya.

Selama 30 tahun berkarier di Kowad, Mayor Ida mengaku banyak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran. Masuknya para taruni di akademi militer yang dimulai tahun 2013 lalu, Ida pun mengaku bila wanita menjadi tentara itu sebenarnya hanya berbeda pada ransel yang dibawa saat pendidikan dan pelatihan saja.

"Selain itu, semuanya sama. Kita juga punya hak yang sama dalam bertugas, jabatan, dan sebagainya," lanjut ibu dari Brian, Geri Desano, dan Hendri itu.

Alumnus Secapa Reguler 1 tahun 1993 - 1994 Pusdik Kowad Lembang ini, mengaku taktik tempur sebagai tentara juga harus dimiliki oleh Kowad.

"Meskipun dari karier, memang sekarang masih di bidang non combat atau non pertempuran. Seperti bidang administrasi, kesehatan, sandi, logistik dan keuangan," lanjut Mayor Ida.

Namun diakui Ida, di Kowad sendiri, saat ini sudah ada 9 Kowad yang berhasil mencapai bintang satu. Diawali oleh Brigjen TNI (purn) Kartini.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved