Kredit Fiktif Bank Jatim

Besok, Pelimpahan Tahap Dua Tersangka Yudi Setiawan

Untuk penyerahan tahap dua kasus BJB akan dilakukan Rabu, karena sudah ada permohonan pinjam tahanan dari penyidik Satsus Kejagung ke Rutan Klas I

Besok, Pelimpahan Tahap Dua Tersangka Yudi Setiawan
surya/ahmad zaimul haq
Lima dari enam terdakwa kasus pembobolan Bank Jatim yang melibatkan Yudi Setiawan di Pengadilan Tipikor, Surabaya, Selasa (7/1/2014).

SURYA Online,SURABAYA - Kasus yang melibatkan bos PT Cipta Inti Parmindo (CIP) dan Cipta Terang Abadi (CTA), Yudi Setiawan akan segera disidang.

Ini setelah Kejari Surabaya memastikan akan menerima pelimpahan tahap dua (tersangka dan barang bukti) untuk kasus kredit fiktif Bank Jabar Banten (BJB) senilai Rp 58,2 miliar pada Rabu (12/2/2014).

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Surabaya, Nurcahyo Jungkung Madyo menguraikan, pihaknya memang telah mendapat informasi dari satuan khusus (satsus) penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait pelimpahan tahap dua itu.

"Untuk penyerahan tahap dua kasus BJB akan dilakukan Rabu,  karena sudah ada permohonan pinjam tahanan dari penyidik Satsus Kejagung ke Rutan Klas I Medaeng," paparnya kepada wartawan, Selasa (11/2/2014).

Diungkapkan, pada kasus kredit fiktif BJB Surabaya ini pihaknya hanya akan menerima tersangka saja, karena barang buktinya sama dengan barang bukti terdakwa BJB yakni Dirut PT e-Farm Bisnis Surabaya, Dedi Yamin.

"Pelimpahan ini adalah merupakan bagian kasus sebelumnya, yang sudah lebih dulu dilimpahkan," ujarnya.

Selain pelimpahan tahap dua kasus BJB Surabaya, pihaknya
juga mendapat informasi tentang pelimpahan tahap dua (tersangka dan barang bukti) untuk kasus kredit fiktif Bank Jatim.

Pelimpahan tahap dua itu akan dilakukan penyidik Mabes Polri ke Polda Jatim, baru ke Kejati Jatim.

Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan barang bukti yang dilimpahkan apakah termasuk mobil mewah milik Yudi.

"Kalau kasus BJB Surabaya yang menyidik memang Kejagung. Sedangkan yang kasus Bank Jatim, yang menyidik Mabes Polri. Tapi untuk kepastian pelimpahan lebih baik ditanyakan ke Polda Jatim saja, karena yang dapat pemberitahuan adalah polda," paparnya.

Sedangkan Kasi Penuntutan Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Jatim, Suryo Priarto sebelumnya menjelaskan, pihaknya memang telah menerima informasi dari Kejaksaan Agung (Kejagung), bahwa kemungkinan besar pekan depan Yudi akan dilimpahkan ke Kejati Jatim.

"Memang informasinya begitu. Namun untuk surat formalnya, kami belum terima," jelasnya akhir bulan lalu.

Dijelaskan, Yudi Setiawan tersangkut dua kasus yakni Bank Jatim dan BJB Surabaya. Untuk kasus korupsi Bank Jatim sebesar Rp 52,3 miliar ini, berkas Yudi Setiawan ditangani Mabes Polri langsung.

Adapun berkasnya sudah di-P21 Kejagung beberapa pekan lalu. Yudi akan dilimpahkan ke Kejati, dan secara administratif akan disidangkan oleh jaksa Kejari Surabaya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved