Breaking News:

Dahsyatnya Pecel Babat

Begitu mudah menemukan nasi pecel di Indonesia, namun nasi pecel Babat inilah nasi pecel sebenarnya! Dahsyat!

Dahsyatnya Pecel Babat
Aflahul Abidin

OLeh : Aflahul Abidin  
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
aflahulabidin2@gmail.com

NASI pecel memang bukan kuliner khas Lamongan. Namun bila ingin mengudap nasi pecel yang sebenarnya, nasi pecel stasiun adalah jawabannya. Inilah nasi pecel Babat yang terkenal itu. Seperti namanya, nasi pecel stasiun ini berada di sekitar stasiun Kota Babat. Jika Anda warga Lamongan yang sering berpergian naik kereta api, stasiun Babat tentu bukan tempat asing. Dulu, ini satu-satunya stasiun di mana kereta api menempuh jarak jauh, sebelum stasiun Kota Lamongan difungsikan sama.

Stasiun ini terletak di pusat Kota Babat kira-kira 500 meter sebelah tenggara pasar Babat. Tepat di depan stasiun terdapat deretan petak warung makan. Semua warung menyediakan menu andalan seragam, nasi pecel Babat! Sekilas tidak ada yang istimewa dengan nasi pecel stasiun Babat. Bahan-bahan dasar untuk membuat bumbu pecelnya pun sama seperti pecel pada umumnya. Dari kacang tanah, cabai, gula merah, bawang merah, bawang putih, kencur, asam Jawa, dan sedikit gula pasir.

Sebagian pemilik warung di sana memasak pecelnya tanpa minyak. Sebagian lagi memasak dengan minyak, mirip seperti pecel khas daerah Blitar. Nasi pecel stasiun Babat disuguhkan memakai daun pisang sebagai alas di atas piring. Nasi putih di atur di atasnya, dengan sayuran cukup variatif dari sayur kangkung, taoge, kacang panjang, kemangi, mentimun, dan biji lamtoro.

Sebagai pelengkap pecel, disediakan lauk seperti jeroan, telur asin, telur dadar, perkedel kentang dan lauk-lauk lain. Anda tinggal mengambil saja dari wadah yang disediakan. Nasi pecel di stasiun ini sebenarnya sudah ada kurang lebih sejak setengah abad silam. Namun, bukan berupa warung seperti sekarang. Dulu, penjual nasi pecel hanya menggelar dagangannya di depan stasiun.

Buat Anda pecinta kuliner pecel dan kebetulan sedang berada di Babat, atau Anda akan berangkat atau pulang dari perjalanan menggunakan kereta api di stasiun Babat, sempatkan diri untuk mencicipi dahsyatnya nasi pecel stasiun Babat.

Seporsi nasi pecel hanya Rp 4.000. Jika ditambah lauk, harganya bertambah sesuai jenis dan jumlah lauk yang Anda timbun di atas pecel.Warung nasi pecel Babat sebagian buka setengah hari, dari pagi sampai senja hari, atau dari sore sampai malam, ada juga yang buka 24 jam. Jadi tak perlu khawatir, jam berapa pun Anda datang, nasi pecel stasiun Babat selalu setia menanti Anda.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved