Breaking News:

Batik Tulis Sendang Duwur

Sekilas batik tulis Sendang Duwur mirip batik Solo atau Pekalongan, namun ciri khas motif dan warna menjadi pembedanya...

Batik Tulis Sendang Duwur
Aflahul Abidin

Oleh : Aflahul Abidin  
Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
aflahulabidin2@gmail.com

batik tulis identik dengan Kota Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Namun tak banyak yang tahu bila di Kabupaten Lamongan ada industri batik tulis, tepatnya di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran.

Di desa ini puluhan warga menekuni pekerjaan sebagai perajin batik tulis, salah satunya Harsono. Menurutnya batik tulis Sendang Duwur sudah ada lebih dari 60 tahun lalu. Kendati sempat surut dan baru tahun 1980-an, batik tulis Sendang duwur dikenal luas hingga kini.

Sama seperti batik tulis lainnya, proses pembuatan batik Sendang dimulai dari menggambar pola batik di atas kain. Setelah pola diterapkan, proses pembatikan memakai canting dilakukan. Proses ini sangat berpengaruh terhadap harga batik. Bila pola batik rumit dan halus, harga kain batik bisa mahal. Sebaliknya, bila polanya sederhana dan proses pembatikan kurang halus, harga otomatis lebih murah.

Batik Sendang didominasi warna merah bata dan biru dengan motif condong pada pola berbentuk bunga dan burung. Sekilas mirip motif batik Solo dan Pekalongan. Menurut Harsono kesamaan pola ini terjadi karena para perajin batik Sendang belum piawai membuat pola secara mandiri. Mereka mengambil pola lama yang dikembangkan.

Setelah proses pembatikan selesai, kain siap diwarnai sesuai motif. Proses ini bisa berlangsung satu kali, bisa juga berkali-kali, tergantung warna pada motif batik. Batik Sendang sendiri tak memiliki banyak corak warna. Kebanyakan hanya memiliki satu atau dua warna saja. Seperti industri batik yang dimiliki Harsono.

Perwarnaan selesai, batik dijemur, dilepas lapisan malamnya, dan batik siap dipasarkan. Butuh waktu tiga hari dari mulai menggambar pola hingga batik siap dijual.

Harga batik Sendang cukup bervariasi, tergantung jenis, kerumitan dan kehalusan batik, antara Rp Rp 85.000 hingga Rp 200.000. Pemasaran batik Sendang masih sebatas di Kabupaten Lamongan. Dengan pelatihan membatik di Desa Sendang secara rutin, Harsono berharap batik Sendang sanggup bersaing dengan batik-batik dari daerah lain.

Sumber: Surya Cetak
Tags
pebatik
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved