360 Kades Baru Jalani Kegiatan Kesamaptaan

Sebanyak 360 kades baru se Kabupaten Malang hasil pilkades serentak tahap pertama dan kedua tahun ini menjalani kegiatan kesamaptaan

360 Kades Baru Jalani Kegiatan Kesamaptaan
surya//sylvianita widyawati
Hari pertama kegiatan kesamaptaan 360 kades baru se Kabupaten Malang antara lain belajar PBB (peraturan baris berbaris) di Dodik Belanegara Kota Malang, Sabtu (21/12/2013).

SURYA Online- MALANG - Sebanyak 360 kades baru se Kabupaten Malang hasil pilkades serentak tahap pertama dan kedua tahun ini menjalani kegiatan kesamaptaan di Dodik Belanegara Kota Malang, Sabtu (21/12/2013).

Mereka terdiri atas 325 kades pria dan 35 kades perempuan. Mereka menjadi siswa sampai Senin (23/12/2013). Setelah mengikuti acara pembukaan, mereka langsung mengikuti PBB (Peraturan Baris Berbaris).

Heri Iriyanto, Asisten 1 bidang pemerintahan Setda Kabupaten Malang kepada Surya Online menyatakan latar belakang para kades sangat beragam, termasuk pendidikannya yang minimal SMP.

"Sehingga perlu kedisiplinan agar tahu etika birokratis dsb," jelas Heri. Selain soal kesamaptaan, juga diberi pengetahuan mengenai pemerintahan daerah dan pemerintahan desa. Menurutnya, kadang ada kades yang mentang-mentang karena merasa dipilih rakyat.

Namun ada yang tidak mengerti aturan sehingga terjerumus ADD, menyewakan tanah bengkok melebihi masa jabatannya.

"Kasus seperti ini tidak hanya satu dua," ujarnya. Selain masalah disiplin, mereka juga diberi wawasan kebangsaan dan kepemimpinan.

"Harapan kita, kegiatan seperti ini bisa penguatan kapasitas penyelenggaraan pemerintah desa," tambah Sumardi, Kabag Tata Pemerintah Desa Setda Kabupaten Malang. Di akhir acara kegiatan ini pada 23 Desember 2013, sebanyak 180 kades akan mengikuti sosialisasi mengenai UU Desa yang baru disahkan di gedung pemberdayaan masyarakat di Jl Dieng Kota Malang. Dirjen Pemberdayaan Masyarakat akan hadir memberikan sosialisasi itu.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Heru Pramono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved